Saturday, 21 June 2014

CARA MEMPERBAIKI LAMPU DISPLAY PADA DVD ATAU VCD

Posted by   on




                Lampu display yaitu adalah lampu yang di gunakan untuk mengetahui durasi sebuah music atau lagu, biasanya berwarna merah biru atau kuning,  pada vcd sering ada pada panel depan lampu ini sering mati karena faktor umur yang sudah melampaui batas , bisa juga karena faktor listrik rumah kita yang sering naik turun. Akibatnya yaitu  tegangan menjadi tidak stabil dan akhirnya menyebabkan beberapa kompomen rusak,
                 Baiklah sekarang kita menuju ke pokok pembahasan yaitu tentang bagaimana untuk memperbaiki lampu displai pada dvd atau vcd, alat alat yang kita butuhkan yaitu diantaranya , solder, timah patri, dan multitester. Untuk langkah langkahnya :
1.       Buka cassing dvd atau vcd anda dengan menggunakan obeng plus.
2.       Kemudian cari kabel vcc yang menuju pada lampu display. Biasanya terletak setelah mpeg dan di beri socket. Setelah ketemu kabelnya , langsung saja lepas socket dari pcb mpeg. Dan setelah kabel di lepas maka cek tegangan vcc output pada mpeg apakah terdapat tegangan atau tidak sama sekali.
3.       Jika sudah mengecek tegangan vcc dan hasilnya bagus maka kita mengarah pada pcb yang terletak pada panel depan , biasanya di sekrup pada panel.
4.       Untuk pengecekan di pcb , cek jalur yang ada pada pcb apakah retak retak , dan jika retak retak maka dapat kita perbaiki dengan cara menyoldernya.
5.       Setelah merapikan solderan yang retak retak dan hasilnya belum berhasil, maka langkah yang kita perlukan yaitu mengecek ic yang di cor pada pcb , nah untuk memperbaiki ic dapat kita lakukan tanpa harus mengganti ic tersebut yaitu hanya dengan memanasi ic tersebut, nah bagaimana cara untuk memanasi ic tersebut caranya mudah yaitu dengan cara menghubungkan semua kaki kaki ic dengan timah , akan tetapi pada saat memanasi ic usahakan agat sisa listrik yang terdapat pada capasitor sudah hilang. Setelah kaki kaki ic semuanya telah di hubungkan/di blok, tunggulah beberapa saat sampai ic dingin.
6.       Setelah ic dingin maka langkah selanjutnya yaitu melepaskan timah yang terdapat antara kaki kaki ic. Dan setelah di pisahkan maka langkah selanjutnya adalah mencoba hasil kerja kita.  Dan lampu display yang semula mati menjadi bisa hidup kembali.
Cara di atas merupakan cara yang sangat mudah untuk di lakukan. Dan jika cara di atas telah di tempuh tetapi belum berhasil maka bisa juga di sebabkan karena mpeg yang memberi data data yang akan di tampilkan sudah rusak nah kalau mpeg sudah kena maka kita sudah tak dapat berbuat apa apa. Demikian info dari saya semoga bermanfaat.

3 comments:
Write komentar
  1. Master saya punya DVD mini hifi LG tipe DM5230 display nya nyala semua/eror,ic display nya panas,apakah kalau di ganti hrs di software dulu atau tinggal pasang??

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter