Saturday, 21 June 2014

MEMBUAT AMPLIFIER OCL SEDERHANA

Posted by   on




                Selamat datang para blogger mania pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat amplifier dengan mudah dan sederhana. Amplifier merupakan alat yang di gunakan untuk memperkuat audio. Alat ini juga merubah karakter dari suara input tadi, misalkan bass treble dan midle, tergantung  selera kita.
                Untuk membuat amplifier banyak yang kita butuhkan seperti trafo , transistor, tone control, elco dioda , dan power amplifier tentunya. Ok” sekrang langsung saja ke cara membuat amplifier sederhana dan mudah tentunya , setelah sobat menyediakan bahan bahan seperti pada tulisan di atas maka langkah yang harus kita lakukan adalah :
1.       Pertama yaitu menentukan berapa watt kita akan membuat ampli itu jika ampli yang kita rencanakan besar maka suplai listrik juga harus besar, misal kita akan membuat ampli ber daya  400watt maka trafo yang kita butuhkan harus dapat memenuhi persyaratan yaitu minimal 400watt (IxV=P) yaitu minimal 10 ampere 40v.
2.       Setelah kita mengetahui berapa daya dari sebuah ampli yang kita buat . maka langkah selanjutnya adalah menentukan elco. Untuk menentukan berapa volt dan uf elco , kita mengarah pada trafo jika 1 ampere trafo memerlukan 1000uf dan trafo 40v ct memerlukan 63v. Maka jika kita buat trafo 10 ampere maka elco yang kita butuhkan yaitu 10000uf dan 63v.
3.       Setelah kita mendapatkan elco maka kita mengarah ke dioda penyearah, dioda cukup membeli dioda bridge yang 15 ampere atau lebih, maka lebih bagus.
4.       Dan setelah itu maka kita menentukan kegunaan dari pada ampli yang akan kita buat tentunya. Jika ampli yang kita gunakan untuk lapangan maka berbeda komponennya dengan ampli yang kita gunakan di dalam ruangan. Untuk ampli yang di gunakan di dalam ruangan baik menggunakan transistor jengkolan. Dan jika untuk luar ruangan maka menggunakan transistor sanken. Karena masing masing transistor akan mempunyai karakter  suara yang berbeda pula jika transistor yang kita gunakan menggunakan tr jengkolan maka suara yang di hasil kan akan cenderung  ngebass dan aluss akan tetapi jika di gunakan di luar ruangan maka suara bass akan tidak terasa, dan jika kita menggunakan transistor sanken maka suara yang di hasilkan akan cenderung berisik jika di gunakan di dalam ruangan akan tetapi jika di gunakan di luar ruangan maka basssnya akan terasa.
5.       Dan setelah kita menemukan transistor yang akan kita gunakan, kita langsung menuju power amplifier yaitu 400watt, untuk selera pilih yang mono atau stereo. Cari powernya yang agak mahal dikit, karena jika harga sedikit mahal maka kwalitas yang kita dapatkan akan bagus.
6.       Yang ke enam yaitu menentukan tone control, tone control yang baik adalah tone control yang pada penguat akhirnya menggunakan transistor. Untuk jenis tone controlnya  maka kita mengarah pada powernya jika powernya stereo maka tone controlnya juga stereo begitupun sebaliknya.
7.       Untuk selanjutnya yaitu merangkai semua komponen yang telah kita persiapkan tadi. Untuk urutannya yaitu yang pertama trafo kemudian di sambung ke dioda bridge kemudian ke power yang telah di rakit bersama transistor. Untuk  tone controlnya sebaiknya menggunakan catu daya sendiri agar pada saat nada bass muncul maka tone control tidak akan droop, sehingga suara yang di hasilkan akan lebih halus. Dan mantab.
Demikian cara untuk membuat ampli dengan mudah, semoga bermanfaat.

5 comments:
Write komentar
  1. Kurang jelas.coba lebih lengkap ada rangkaian2/skema

    ReplyDelete
  2. makasih gan postingannya ini bermanfaat sekali...
    pemotong sim card

    ReplyDelete
  3. At that point, we have to choose how enormous it ought to be. www.amplifierexperts.com

    ReplyDelete
  4. Onkyo TX-NR515 Review : Movie sound quality. Once set up to your satisfaction and amplifying the DTS-HD Master Audio soundtrack to Chronicle, the TX-NR515’s gets straight into its stride.. The combination of subtlety and brute force that has charmed us with Onkyo’s most recent ef onkyo tx-nr555 vs tx-nr656

    ReplyDelete
  5. The 12 Best Mid-Range Home Theater Receivers of 2019. Search. Search the site GO. Buying Guides. TVs & Home Theater ... you can learn more about our review process here. We may receive commissions on purchases made from our chosen links. The Rundown . Best Overall: The Yamaha ... The Onkyo TX-NR777 is a home th onkyo tx nr555 remote

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter