Wednesday, 18 June 2014

MODIF LAMPU DEPAN SEPEDA ONTHEL DENGAN LED

Posted by   on




                Selamat datang para blooger mania. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara modif lampu sepeda onthel yang pada unumnyamenggunakan lampu pijar. Tetapi jika lampu pijar tetap di gunakan masih mempunyai banyak kekurangan, di antaranya tenaga untuk mengayuh sepeda menjadi lebih beat karena menggunakan kawat sebagai elemen lampu sehingga hambatan pada lampu menjadi kecil. Sehingga kayuhan sepeda menjadi lebih berat. Kekurangan yang lainnya adalah lemahnya cahaya apabila sepeda di jalankan pelan pelan. Dan hanya terang saat di kayuh cepat. Pada postingan saya kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana untuk menjawab segala kekurangan kekurangan di atas, yaitu dengan mengganti lampu dengan lampu led. Led adalah singkatan dari light emiting dioda. Yaitu merupakan keluarga dioda akan tetapi led inilah yang mampu mengeluarkan cahaya yang sangat terang, dan sebab itulah led mempunyai keunggulan di banding dengan lampu pijar di antaranya yaitu konsumsi listrik menjadi lebih hemat karena pada led arus yang di gunakan sangatlah kecil. Dan cahaya yang di hasilkanpun cukup terang.
                Langsung saja kita ke pokok permasalahan yaitu bagaimana memodif lampu sepeda kita dengan lampu led. Mari kita simak langkah langkah yang harus di perhatikan agar lebih jelas:
1.       Siapkan  dinamo sepeda yang masih baik dan sepeda yang akan kita pasang lampu led

2.       Ke dua siapkan reflektor lampu senter yang akan kita gunakan sebagai wadah untuk lampu led dan kemudian kita beli led seharga sekitar 3000an 4 buah dan kita pasang paralel dan kita rangkai pada reflektor senter tadi.
3.       Berhubung tegangan yang di hasilkan oleh dinamo adalah 12v dan tegangan yang di butuhkan led hanya 4v maka kita menggunakan ic lm 7805 untuk menurunkan tegangan dari 12v menjadi 5v , cara merangkainya yaitu dengan cara membuat dioda bridge dan kemudian ke capasitor elco 1000uf 16v dan selanjutnya masuk ke ic 7805.
4.       Jika kita mengayuh sepeda maka ada kalanya kita menaiki tanjakan dan ada kalanya kita menuruni turunan dan saat menuntun sepeda di tanjakan , maka dinamo sepeda akan berputar pelan dan lampu akan redup. Nah, untuk mengatasi hal demikian maka kita membutuhkan battery sebagai penyimpan daya sementara. Mattery yang di gunakan cukup menggunakan battery hp bekas. Yang di pasang paralel pada led. Dengan memasang battery ini maka kita dapat menyimpan sementara daya yang di hasilkan oleh dinamo.

5.       Setelah itu kita rakit semua komponen komponen yang sudah kita persiapkan tadi .
6.       Rakitlah dengan urutan : dinamo, penyetabil tegangan, dan lampu.
7.       Coba hasilnya , dan hasilnya llampu led akan menyala terang dengan hanya memutar dinamo secaara pelan.

1 comment:
Write komentar
  1. wah makasih min tipsnya ini, bermanfaat sekali...
    pinset

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter