Wednesday, 18 June 2014

PEMANCAR MINI GELOMBANG FM 7 TRANSISTOR

Posted by   on




 Selamat datang para bloger, pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang pemancar fm 7 transistor. Pemancar adalah sebuah alat komunikasi yang sangat di gemari  oleh banyak orang. Karena lebih mudah dan tidak memerlukan banyak uang tentunya. Sekarang langsung saja ke pokok pembahasan kita kali ini yaitu tentang pemancar mini 7 transistor, pemancar ini jangkauan pancarannya bisa mencapai kurang lebih 5 km, tergantung tempat dan cuaca. Di kala cuaca cerah maka pancaran pemancar ini dapat hingga lebih baik ketimbang jika cuaca sedang mendung atau tidak mendukung.
                Untuk PCB nya dapat di beli dengan mudah di pasaran bebas, dengan harga yang relatif murah jika bi banding dengan membeli jadi.
Itu pcb yang sudah saya rakit dengan modal murah yaitu dengan membeli seharga 1700 rupiah kita sudah bisa mendapatkan pcb. Setelah mendapatkan PCBnya kita sekarang mulai merangkai pemancar mini gelombang fm berikut langkah langkahnya:
1.       Siapkan pcb seperti skema di atas , biasanya jika sudah membeli pcb akan mendapat skema ataupun dafter komponen komponen nya , di antaranya yaitu capasitor , osilator , resistor trimmer dan lain sebagainya.
2.       Langkah ke dua yaitu merangkai semua komponen yang sesuai dengan daftar komponen yang ada di kertas bawaan pcb. Saya punya fotonya
3.       Setelah semua komponen sudah di solder langkah berikutnya adalah menentukan frekuensi yang kita kehendaki dan tidak mengganggu siaran pemancar yang lain.
4.       Setelah itu langkah ke empat yaitu membuat catu dayanya yaitu dengan menggunakan trafo ½ ampere dengan elco dan dioda. Dan menjadi seperti ini.
5.       Dan setelah membuat power suply seperti di atas maka  pemancar siap di gunakan.
6.       Langkah selanjutnya yaitu mencoba hasil kerja kita dengan menghubungkan trafo ke ac 220v, dan untuk mengetahui  apakahpemancar kita berhasil kita harus menyiapkan tuner penerima. Yaitu seperti pada gambar
7.       Dan crilah frekunsi yang kosong pada 88mhz sampai 108 mhz, setelah mencari frekuensi yang kosong maka kita . selanjutya memutar ke kanan sekrup yang ada pada  osilator sepertpada gambar.
8.       Setelah itu pasang input audio dengan audio musik atau yang lain. Pokoknya yang ada suaranya. Setelah itu kita putar sekrup pada oscilator sampai suara yang kita masukkan pada input pemancar terdengar ke radio penerima. Setelah ketemu jadilah pemancar mini 7 transistor

1 comment:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter