Saturday, 5 July 2014

Cara memperbaiki senter yang telah mati

Posted by   on




                 Lampu senter adalah lampu yang di gunakan untuk keperluan sehari hari. Yaitu pada saat mati lampu atau pada saat perjalanan pada malam hari. Lampu senter sangat mendukung di kehidupan sehari hari nah, kalau lampu senter mati maka pekerjaan yang dapat di selesaikan pada malam hari menjadi tidah beres dan akhirnya terteter.
                Nah pada  postingan saya kali ini yaitu tentang bagaimana memperbaiki lampu senter yang rusak atau mati. Pada intinya lampu senter mati karena batterry yang di gunakan sudah lemah. Karena batttery yang di gunakan telah lemah maka listrik yang di hasilkan oleh battery menjadi berkurang akibatnya senter menjadi takmenyala. Pada lampu senter rechargeable yang sering rusak adalah bagian battery. Dan bisa juga karena faktor pemakainya, contohnya pengguna sering memposisikan on saat rechargable sedang berlangsung. Maka lampu led yang di pasang akan mati karena faktor tegangan yang berlebihan
                Pada senter ini pada saat bekerja pengecasan maka kerjanya adalah sebagai berikut yaitu pertama, arus listrik 220v mengalir melalui penghantar. Dan kemudian melewati resistor yang di paralel dengan kapasitor dan kemudian tegangan 220v berubah menjadi kurang lebih 6v dan kemudian tegangan itu di searahkan menjadi dc oleh dioda bridge. Setelah menjadi dc langsung di hubungkan dengan batttery dan akan terjadi proses pengisian.
                Proses pengisian akan berlangsung apabila battery dalam keadaan baik, nah kalau battery senter dalam keadaan tidak baik maka tidak akan terjadi proses pengisian.
                Memperbaiki battery senter  tidak harus menggantinya tetapi dapat juga dengan menambah elektrolit yang ada pada battery. Berikut langkah langkahnya:
1.       Pertama buka tutup batttery dengan mencongkel bagian penutupnya yang sebagian besar manggunakan plastik.
2.       Setelah membuka tutup plastik maka akan terlihat tutup yang terbuat dari karet , lalu kita buka tutup itu lalu kita isikan cairan elekktrolit yang sering terdapat pada aki dsb.
3.       Setelah di isi kita tutup kembali tutup karet dan tutup plastiknya.
4.       Kemudian isi senter dengan menghubungkan senter dengan sumber listrik 220v. Selama beberapa jam.
Setelah di isi maka kita akan segera melihat hasilnya. Mengapa lampu senter dapat menyala kembali?  Yaitu karena susunan sel yang terdapat pada battery senter hampir mirip dengan susunan battery aki. Yaitu terdapat plat seng sebagai kutup negatif dan plat tembaga sebagai plat positif. Dan terdapat juga separator yang terbuat dari kapas. Dari persamaan itu maka kita mendapat mengisikan cairan yang terdapat pada aki ke dalam battery senter.
                 Jika langkah langkah di atas di ikuti dengan teliti maka senter dapat menyaa kembali. Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

14 comments:
Write komentar
  1. Silahkan dicoba gan, jika ada yang belum jelas bisa coment. Btw thanks atas kunjunganya.

    ReplyDelete
  2. keren bos, ditunggu postingan kretip lainnya

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  4. Ikutan nyoba boss, ditunggu postingan selanjutnya...

    ReplyDelete
  5. Ikutan nyoba boss, ditunggu postingan selanjutnya...

    ReplyDelete
  6. Monggo dicoba gan. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  7. Air aki nya yg btol biru ato btol merah gan

    ReplyDelete
  8. Gan... Air accu warna merah atau biru dan brapa banyak yg kita isi kan ke batrai

    ReplyDelete
  9. Gan... Air accu warna merah atau biru dan brapa banyak yg kita isi kan ke batrai

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter