Thursday, 7 May 2015

Cara budidaya kroto

Posted by   on

Selamat datang para blogger mania. Bertemu lagi pada postingan saya kali ini kali ini saya akan posting tentang berternak kroto. Mengapa saya membahas tentang bagaimana berternak kroto, jawabannya adalah karena sekarang ini banyak sekali para hobi burung berkicau yang sangat membutuhkan kroto sebagai makanan special para burung lomba. Sehingga usaha berternak kroto mempunyai peluang besar  bagi kita untuk di coba. Nah bagaimana cara berternak roto?

Berternak kroto adalah ternak yang sangat sederhana , karena tidak memerlukan lahan yang luas. Kita cukup hanya membuat tempat yang teduh dan nyaman. Untuk memulai budidaya kroto maka harus di siapkan alat dan bahannya. Yaitu sebagai berikut.
Rak, rak ini terbuat  dari kayu yang di susun 3 tingkat dan di beri tiang penyangga sebanyak 4buah . masing masing penyangga di beri genangan air, bisa menggunakan toples bekas yang di isi air untuk mencegah lari semut.
Setelah rak di siapkan maka langkah selanjutnya adalah menentukan media yang akan kita gunakan sebagai penampung semut rang rang penghasil kroto. Media bisa berupa toples , potongan bambu, Pipa paralon dan lain sebagainya . jika menggunakan toples sebagai media kita harus membuat lubang pada toples agar semut dapat keluar masuk sarang dengan nyaman.
Dan yang ke tiga adalah bibit semut rang rangnya, bibit semut rang rang dapat di cari di alam maupun beli di penjual bibit semut rang rang. Kalau mencari di alam tentu kita mempunyai banyak kendala.  Di antaranya kita harus di gigit semut dan belum lagi kalau semut yang kita petik dari pohon. Tidak mau bersarang di toples. Tapi keuntungan mencari bibit di alam kita tidak harus membeli bibit.
Makanan , makanan semut rang rang yaitu air gula, ulat hongkong, jangkrik, dan sebagainya. Kalau di alam semut rang rang mengkonsumsi aphid. Kalau di pembudidayaan  kita cukup memberi makanan seperti di atas.
Nah sekarang bagaimana  langkah langkah yang harus di lakukan setelah kita mendapatkan bahan bahan :
Pertama tama jika kita mengambil bibit dari alam , kita harus mengetahui dimana tempat tinggal koloni semut rang rang, kalau menurut pengalaman saya semut rang rang banyak tinggal di pohon mahoni dan pohon melinjo. Dan setelah kita mendapati sarang, persiapkan karung plastik, dan kemudian petik sarangnya dan masukkan ke dalam kantong plastik tadi.
Setelah mendapatkan beberapa koloni semut maka langkah selanjutnya adalah meletakkan semut ke dalam toples. Usahakan daun daun jangan di masukkan ke dalam toples karena toples akan kelihatan kotor. Setelah di masukkan tutup lubang pada toples dengan menggunakan isolasi. Agar semut tidak dapat keluar, sehingga semut dapat membuat sarang baru di dalam toples.
Setelah semut  sudah membuat sarang maka kita buka isolasi tadi dan menyiapkan makanan makanan semut rang rang. Dan tinggal menunggu waktu panen tiba.
Nah demikian postingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, salam sukses!

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter