Monday, 4 May 2015

cara memperbaiki lampu LHE

Posted by   on



Cara memperbaiki lampu LHE sendiri
                Selamat datang para blooger mania bertemu alagi pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki lampu hemat energy atau lebih di kenal denga nama lhe. Bagi para blooger yang kebetulan pengguna lampu hemat energy ini sangat pas jika membaca post ini. Karena jika lampu lhe di rumah mati maka kita dapat memperbaiki  sendiri , dan tidak harus beli lagi. Nah langsung saja ke pokok pembahasan , untuk alat alat yang harus di persiapkan diantaranya:

1.       Multimeter
2.       Obeng minus
3.       Solder dan timah
4.       Dan komponen
Langkah langkah:
1.       Buka casing lampu lhe dengan menggunakan obeng minus. Dengan cara mencongkelnya.
2.       Setelah membuka casing maka langkah selanjutnya lepaskan 4 terminal yang terhubung ke lampu. Dan lepaskan lampu.
3.       Setelah lampu di lepas maka cek filamen lampu apakah masih bagus atau sudah putus , dengan cara di cek dengan multimeter. Jika jarum bergerak itu berarti lampu atau filamennya masih bagus dan kemungkinan penyabab lampu mati ada pada mesinnya. Akan tetapi jika jarum tidak bergerak maka ada dua kemungkinan, yang pertama mesin lampu masih bagus dan masih dapat di pakai (di kanibal dengan lampu lain). Kemungkinan yang ke dua putusnya filamen lampu disebabkan karena rusaknya mesin terlebih dahulu.
4.       Nah setelah mengecek filament lampu dan ternyata filamen masih bagus maka kita segera menuju mesin. Yang perlu di cek pada mesinnya yaitu kapasitor mylar yang menghubungkan 2 filamen lampu, fungsi komponen ini yaitu sebagai stater lampu agar menyala putih, biasanya komponen ini rawan mati berupa putus maupun terbakar karena pemakaian yang lama. Komponen selanjutnya yang harus di cek yaitu resistor pada ac input atau resistor sebelum dioda bridge. Biasanya resistor ini terbakar dan akhirnya putus , nah terbakarnya resistor ini juga ada sebabnya misal elco sudah kering atau kemungkinan short, nah kemungkinan elco rusak sangat tinggi maka pada saat r terbakar maka kita wajib mengecek elco jika elco sudah rusak maka harus di ganti dengan yang baru.
5.       Jika langkah langkah di atas sudah dilakukan tetapi masih belum menyala , maka kemungkinan terdapat masalah di transistornya, dan komponen pendukung seperti resistor pada kaki emitor tr.
6.       Sambung kembali terminal lampu dan tutuplah casing seperti semula.
Demikian postingan saya semoga bermanfaat.

3 comments:
Write komentar
  1. tools yang dibutuhkan banyak juga ya butuh kawat serabut siapa tahu dibutuhkan...

    ReplyDelete
  2. I have read your blog it is very helpful for us. I couldn't find any knowledge on this matter prior to. I am very thankful to you for sharing this article here. Produk Lampu Indonesia

    ReplyDelete
  3. Pekerjaan bagus untuk menerbitkan artikel yang bagus. Artikel Anda tidak hanya bermanfaat tetapi juga sangat informatif. Terima kasih karena Anda bersedia berbagi informasi dengan kami. Distributor Lampu Led Rumah

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter