Friday, 5 June 2015

CARA MENGGANTI KAMPAS REM TEROMOL TOYOTA KIJANG 5K

Posted by   on



Cara  mengganti kampas rem teromol toyota kijang 5k
                Selamat datang para blogger mania bertemu kembali dalam postingan saya kali ini yang berjudul cara mengganti kampas rem toyota kijang 5k. Nah para blogger mania yang sedang ingin mengganti kampas karena kampas remnya sudah aus tetapi tidak bisa mengganti sendiri, nah tepat sekali anda berkunjung di blog saya. Saya akan menuturkan bagaimana cara mengganti kampas rem dengan baik dan benar. Nah tak usah panjang lebar langsung saja ke pokok pembahasan.

a.       Alat dan bahan
1.       Kunci roda
2.       Obeng min atau plus
3.       Dongkrak
4.       Jack stand bila perlu
5.       Kanvas yang baru untuk mengganti kanvas lama
6.       Tang
b.      Langkah kerja
1.       Pertama kendorkan mur pengunci roda dengan menggunakan kunci roda akan tetapi jangan sampai lepas dulu.
2.       Dongkraklah mobil sampai ban terangkat kemudian topang mobil dengan jack stand.
3.       Setelah itu baru mengendorkan mur pengunci roda , dan melepaskan roda. Dan buka teromol dengan cara menariknya.
4.       Setelah itu ambil obeng guna mencongkel keterkaitan bagian kampas dengan piston pada silinder roda dan congkel keluar dengan hati hati. Cara ini berguna untuk mengurangi kemungkinan pegas penahan kampas melesat , dan ambillah ring yang mengunci kampas rem dengan dudukan kampas dengan cara memutarkan bagian tengahnya dengan tang.
5.       Ambil kampas dengan hati hati lalu lepaskan keterkaitan kampas dengan kabel rem tangan.
6.       Pasang kembali kampas rem yang baru. Kaitkan dengan kabel rem tangan kemudian pasang penahan kampas yang terdapat di antara kedua kampas . pasang juga pegas pengait kedua kampas pada bagian bawah. Pasang pegas di antara kampas trailing dan leading, dan tekan ke arah dalam kemudian pasang pengunci kampas dengan dudukannya.
7.       Pasang kembali teromol dan ban seperti semula , dan lakukan pada ban yang lain dan selanjutnya menyetel celah antara kampas rem dengan teromol dengan cara memutar gigi gigi yang terdapat pada bagian belakang teromol bagian bawah.  Putar gigi gigi sampai roda tidak bisa diputar atau seret. Kemudian kembalikan putaran gigi gigi tadi sebanyak 7 gerigi. Untuk tipe rem dengan panyetelan otomatis tidak memerlukan cara ini.
8.       naikkan dongkrak dan ambil jackstand dan turunkan mobil kemudian kencangkan mur mur pengunci roda.
c.       Perhatian pada saat tromol di lepas jangan sekali-kali menginjak pedal rem. Karena hal ini akan mengakibatkan silinder roda atau piston pada unit  akan terlepas dan cairan minyak rem akan tertumpah.
Demikianlah postingan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat salam sukses...

2 comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter