Thursday, 4 June 2015

PENGALAMAN BELAJAR SETIR MOBIL

Posted by   on



PENGALAMAN BELAJAR MENYETIR MOBIL.
                Selamat datang para blogger mania bertrmu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul pengalaman belajar menyetir mobil. Nah bagi para blogger mania yang hendak belajar menyetir postingan ini juga bisa menjadi bahan referensi. dulu saat saya pertama kali  belajar menyetir menggunakan mobil suzuki carry. Saat pertama akan menjalankan mobil jujur saya agak sedikit takut. Akan tetapi setelah berlatih terus menerus saya jadi semakin bisa.  Nah berikut   langkah langkah yang pertama kali dilakukan dalam belajar menyetir:

a.       Langkah pertama
Langkah pertama yaitu berdoa lalu masuk ke mobil dan gunakan safety belt. Jangan hidupkan mesin terlebih dahulu. Kemudian hapalkan dahulu pedal gas, rem, dan kopling , perseneling (cara gigi N,1,2,3,4,5& R . hapalkan juga tentang saklar lampu, wiper dan sistem tanda belok.
b.      Langkah kedua
Langkah ke dua ini dilakukan setelah langkah pertama benar benar bisa dan dilakukan di lapangan. Hidupkan mesin dan injak pedal gas menggunakan kaki kanan dan rasakan menggunakan feeling  seberapa dalam pedal  gas dan seberapa rpm mesin.  Lepas pedal gas Setelah itu injak penuh pedal kopling  dengan kaki kiri  lalu pindahkan perseneling dari N  ke posisi gigi 1. Setelah itu angkat kopling pelan pelan dan rasakan rpm mobil akan turun lalu  tambah gas sedikit demi sedikit dan setelah mobil berjalan kita dapat melepas injakan kopling. Arahkan mobil dengan cara memutar kemudi dan rasakan dengan feeling  perbandingan sudut putar kemudi dengan sudut belok mobil. Untuk menghentikan mobil lepas pedal gas dan injak pedal rem dan mobil kecepatannya akan turun   dan segera injak pedal kopling agar mesin tidak mati lalu posisikan perseneling ke posisi N. Lakukan langkah saat menjalankan mobil pertama kali secara berulang ulang agar dalam memainkan pedal gas dan pedal kopling semakin lihai. Berlatih juga memundurkan mobil.
c.       Langkah ketiga
Setelah langkah ke dua sudah bisa, maka langkah selanjutnya adalah mengendalikan mobil  di lapangan yang di beri rintangan. Seperti berlatih zig zag. Membelok tajam. Jalan sempit dan lain lain.
d.      Langkah ke empat
Langkah ke empat yaitu berlatih memindah gigi dari gigi 1,2,3 dan seterusnya. Setelah mobil berjalan pada gigi 1 dengarkan suara mesin atau tachometer yang ada di bawah kemudi, setelah suara mesin meraung maka itu adalah saat yang tepat untuk pindah gigi caranya injak kopling penuh serambi melepas injakan pedal gas. Lalu pindah perseneling ke gigi 2 dan lepas injakan kopling dan serambi menginjak pedal gas. Lakukan langkah ini pada saat akan berpindah ke gigi 3,4,5. Untuk mengurangi kecepatan jangan lupa untuk selalu menurunkan posisi gigi agar mesin tidak bergetar atau bahkan mati.
e.      Langkah kelima
Langkah ke lima yaitu berhenti di tanjakan. Untuk langkah ini memang agak susah. Langkah pertama cari jalan tanjakan yang sepi dan aman.  Untuk berhenti di tanjakan langkah pertama injak pedal rem dan kopling secara bebarengan dan mobil akan berhenti. Tapi menginjak remnya menggunakan kaki bagian belakang karena kaki bagian depan bersiap untuk menginjak pedal gas pada saat akan menjalankan mobil kembali. Nah untuk menjalankan mobil kembali : angkat kopling dan rem secara bebarengan serambi menginjak pedal gas lakukan secara pelan dalam pelepas pedal rem agar mobil tidak mundur.
Sebenarnya ada cara cara lain saat berhenti di tanjakan diantaranya:
-          Menggunakan rem tangan, sebenarnya cara ini bisa di lakukan akan tetapi kita  tidak dapat melatih kelincahan kaki.
-          Menggunakan setengah kopling, untuk cara ini sebenarnya sangat tidak direkomendasikan karena kopling akan bergesekan terus menerus sehingga kopling akan panas dan terbakar.
f.        Langkah keenam
Jika langkah 12345 sudah mahir. Maka langkah selanjutnya adalah mencoba di jalan raya.  Untuk tingkatan kemahiran dalam mengendarai mobil sangat ditentukan jam terbang jadi jika kita berlatih terus menerus maka kita akan semakin bisa dan mahir.
Nah demikian postingan tentang pengalaman belajar setir semoga bermanfaat salam sukses

1 comment:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter