Monday, 20 July 2015

CARA MEMPERBAIKI SPEAKER YANG RUSAK

Posted by   on



Cara memperbaiki speaker yang rusak.
 Selamat datang kembali para bloggermania bertemu lagi pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki speaker yang rusak. Kerusakan yang sering terjadi pada speaker diantaranya adalah:
a.       Spul terbakar atau putus.
Pada kerusakan ini biasanya disebabkan karena daya yang masuk ke speaker melebihi daya yang di izinkan. misalnya, ada speaker bertuliskan max power 200w tetapi di beri input lebih dari 200w, maka terbakarlah spul. Terbakarnya spul speaker juga bisa di sebabkan karena speaker termasuki arus DC.
b.      Speaker jebol.
Pada kerusakan ini biasanya terjadi jika speaker digunakan dengan nada bass yang sering. Akibatnya lem lem yang melekat lama kelamaan terlepas.
c.       Magnet lemah

Magnet lemah juga menyebabkan masalah pada speaker, jika magnet sudah lemah maka suara yang dihasilkan tidak akan kuat. Magnet lemah biasanya disebabkan karena usia pemakaian speaker yang sudah lama. Perlu diingat bahwa magnet buatan tidak se awet magnet alam. Hehe
Nah setelah mengetahui kerusakan kerusakan yang umum terjadi pada speaker, selanjutnya bagaimana cara memperbaiki speaker yang rusak. Nah simak langkah langkah memperbaiki speaker yang rusak di bawah ini:
a.       Pertama siapkan alat dan bahan
1.       Lem speaker
2.       Solder , timah
3.       Ohm meter
4.       Pelarut lem speaker (ada yang memakai tinner)
b.      Memeriksa keadaan speaker, pertama periksa secara visual apakah terdapat lem yang lepas, membran robek dsb. Setelah memeriksa secara visual maka selanjutnya test kontinuitas antar kutub - &+ apakah terdapat kontinuitas. Jika tidak terdapat kontinuitas maka bisa di sebabkan karena spul putus.  tidak boleh terlalu jauh misal 2ohm , Jika nilai yang terbaca 2 ohm maka speaker tersebut spulnya sudah terbakar atau sedikit konsrlet.
Dan jika terdapat kontinuitas pastikan bahwa hasil yang terbaca pada skala ohmmeter tidak jauh berbeda dengan impedansi yang tertera pada speaker . misal sebuah speaker bertuliskan impedance 8 ohm maka nilai hambatan yang terbaca
c.       Setelah mengetahui kerusakan maka langkah selanjutnya memperbaiki. Nah jika kerusakan nya adalah membran sobek atau jebol maka caranya: lepaskan membran lama dengan cara menetesi cairan peralut lem speaker padalem lem yang mengikat membran dengan rangka.  Kemudian lepas penutup spul  lepas juga spulnya dari membran lama. Kemudian pasang membran baru pada rangka speaker dan beri lem.  Masukkan gulungan spul sesuaikan posisi di tengah membran dengan hati hati dan gerakkan membran naik turun sampai tidak ada suara gesekan antar spul dengan magnet. Setelah itu beri lem dan solder ujung ujung spul dengan tembaga elastis yang terdapat di speaker , pasang kembali penutup spul.
d.      Tunggu hingga lem benar  benar kering. Nah kalau hanya ingin mengganti spulnya saja  caranya mirip dengan cara di atas hanya saja tidak harus membuka membran.
e.      Setelah lem kering coba hasil perbaikan dengan amplifier.
Nah demikianlah postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki speaker yang rusak semoga bermanfaat, salam sukses.......

10 comments:
Write komentar
  1. ya benar mnkin lebih baik pakai plastik cover makalah diantara spool dan magnet

    ReplyDelete
  2. Ya. Cara tersebut bisa untuk meredam bunyi krutuk-krutuk yang disebabkan spul bergesekan dengan magnet. Btw, makasih buat saran dan kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  5. There are many individuals that really cherish music and love to impart their gathering of music to others. Amplifier Experts

    ReplyDelete
  6. if you do not want to invest a large amount of money, we recommend you to look for used audio equipment. Search on the Internet and you will find many online shops which have used sound systems for sale gearcity.ca.

    ReplyDelete
  7. The sound is calm. On the off chance that you have some stable however it is peaceful there could be various arrangements. Most fueled PC speaker frameworks have a volume control.go here

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter