Sunday, 15 November 2015

APAKAH PERLU PAKAI TURBO TIMMER

Posted by   on



apakah perlu memasang turbo timmer?

                Selamat datang para blogger mania bertemu lagi pada postinga saya kali ini yang berjudul “apakah perlu menggunakan turbo timmer?. Nah bagi para blogger mania yang belum mengerti apa itu turbo timmer. Turbo timer adalah seperangkat alat yang bisa ditambahkan pada mobil diesel yang dilengkapi dengan turbo charger. Nah sebenarnya apa fungsi turbo charger ? nah turbo charger berfungsi untuk mempercepat proses pemasukan udara ke dalam silinder dengan memanfaatkan tekanan gas buang. Lho kok bisa? Nah turbo charger dilengkapi dengan 2 turbin dengan 1 poros. Nah satu turbin sebagai penghasil putaran karena hembusan gas buang, kemudian putaran poros di lanjutkan ke turbin ke 2 yang berfungsi untuk mempercepas udara masuk ke dalam silinder. Nah jika udara yang dimasukkan ke dalam silinder banyak dan cepat maka kompresi yang dihasilkan akan semakin tinggi sehingga bahan bakar solar akan terbakar secara sempurna, dan menghasilkan tingkat efisiensi bahan bakar.
                Fungsi turbo timmer adalah
untuk mencegah mesin mati  selama beberapa menit atau detik saat kunci kontak dilepas. Nah mengapa mesin harus dibiarkan idle?  ini di karenakan agar komponen bearing pada turbo charger  tidak mengalami perubahan temperatur yang drastis yang dikarenakan sistem pelumasan yang terhenti. Kalau mesin tiba tiba dimatikan dari suhu tinggi mendadak mati maka dapat merusak komponen turbo charger.
                Nah kembali lagi pada topik kita kali ini “apakah perlu memasang turbo timmer?” jawabannya ada dua:
a.       Yang pertama perlu.
Mesin yang digunakan untuk medan medan yang berat atau kecepatan tinggi sangat memungkinkan sekali komponen turbo mengalami temperatur yang tinggi.  Sehingga hal itu membutuhkan pendinginan pada komponen turbo charger  sebelum mesin  mati. Nah pemasangan turbo timmer akan sangat membantu. Atau Bagi kita yang sibuk atau tidak mempunyai waktu luang yang banyak maka kita bisa membeli alat ini, karena ini akan sangaat membantu. Kalau  pagi hendak memanasi mesin kita tinggal “on” kan sebentar lalu kita tinggal ber aktifitas mesin akan mati dengan sendirinya dengan waktu yang telah kita set.
b.      Yang kedua tidak perlu
Bagi kita yang hanya berpergian di jalanan yang tidak terlalu extrem maka alat ini tidak terlalu dibutuhkan, karena mesin tidak bekerja dengan berat. Kalaupun kita berpergian jauh dan jalanan yang extrem  kita tidak perlu memasang alat ini dengan syarat kita harus menunggu mesin idle beberapa menit ketika akan dimatikan
Nah sekian para blogger mania semoga bermanfaat salam sukses..

1 comment:
Write komentar
  1. lebih efisien lagi kalau peralatannya lebih lengkap...
    tempat thinner

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter