Wednesday, 9 December 2015

Cara ternak lebah

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania bertemu lagi pada postingan saya kali ini yang berjudul bagaimana cara ternak lebah madu. Bagi para blogger mania yang menginginkan usaha yang mudah dan praktis maka berternak lebah bisa menjadi pilihan.
Hewan yang satu ini merupakan hewan pekerja keras tak pernah berhenti mencari madu siang dan malam. Jadi tidak perlu memberi makan, hanya saja kita membuatkan tempat bersarang dan fasilitas mencari madu bagi si lebah hehe. Maksudnya fasilitas di sini adalah menanam pohon-pohonan yang mempunyai bunga yang disuka lebah di sekitar sarang lebah yang kita ternak. Seperti pohon randu, mangga, klengkeng dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk agar si lebah tidak bosan mencari makanan dengan jarak yang jauh, si lebah dapat dengan mudah mencari madu hanya di dekat sarangnya dan akhirnya lebah tidak akan kabur karena kehabisan stok makanan. Menanam tanaman yang mengandung madu di sekitar sarang lebah juga bisa mempercepat produksi madu, karena si lebah dapat dengan mudah mencar madu.
Bagaimana cara berternak lebah?
yang harus disiapkan pertama kali adalah tempat
yang digunakan untuk berternak lebah pastikan bahwa suhu pada tempat tersebut  tidak bersuhu panas ini dikarenakan lebah tidak menyukai suhu yang panas, jika hal ini tidak diperhatikan maka ada potensi lebah yang kita ternak pada kabur. Pastikan juga pada tempat tersebut tidak terdapat asap dan tidak ada sumber asap di sekitar sarang lebah. Dan tempat untuk berbudidaya lebah harus jauh dari sumber suara yang bising, karena lebah sangat menyukai tempat yang tenang.
Langkah langkah untuk memulai
Langkah pertama buat sarang buatan dengan menggunakan papan kayu sengon, bisa menggunakan batang pohon kelapa bisa juga menggunakan papan yang terbuat dari pohon waru. Sarang buatan ini sangat berpengaruh pada kenyamanan lebah. Agar si lebah betah tinggal lama-lama di sarang maka bahan bahan seperti di atas bisa menjadi referensi.
Langkah kedua pergi ke hutan untuk mencari koloni lebah, Dengan membawa sarang yang tadi dibuat. Lebah biasanya bersarang di tempat yang tidak begitu tinggi, di pohon yang agak besar dan kuat, biasanya bersarang di bagian kulit pohonnya. Setelah kita mendapatkan sarang lebah persiapkan peralatan peralatan pengaman seperti masker, helm, kaos tangan,jaket , sepatu. Setelah memakai peralatan tersebut mendekatlah pada sarang lebah lalu buka perlahan sarangnya, jika langkah ini sulit karena lebah yang menggerumbul di sarang maka bisa dibantu dengan menggunakan asap buatan dari bakaran sabut kelapa dan biarkan lebah berterbangan kesana kemari.  Carilah ratu lebah dengan ciri ciri membunyai ukuran tubuh lebih besar dibanding lebah lain.
Lagkah ke tiga jika sudah menemukan ratu lebah maka tempatkan ratu tersebut pada sarang yang kita buat tadi dan usahakan agar ratu tidak bisa lari atau kabur dari sarang yang kita buat. Setelah itu kita tempatkan beberapa sarang madu di sarang buatan sebagai pancingan koloni lebah. Dan kita biarkan sarang buatan berada di sekitar lebah yang berhamburan terbang. Setelah beberapa jam lebah satu persatu akan mendekati dan bersatu kembali dengan ratunya yaitu di sarang buatan yang telah kita buat tadi.
Langkah keempat setelah koloni lebah berpindah ke sarang buatan langkah selanjutnya membawa pulang dan membiarkan lebah menghasilkan madu di rumah kita. Pastikan tidak ada hewan pengganggu di sekitar sarang lebah yang kita buat tadi. Sarang bisa kita tempatkan dengan cara digantung ataupun diberi tiang. Demikian postingan saya kali ini yang berjudul bagaimana cara berternak lebah semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan salam sukses...

1 comment:
Write komentar
  1. hey there and thank you for your information – I have certainly picked up something new from right here. I did however expertise a few technical points using this website, as I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your hosting is OK? Not that I am complaining, but slow loading instances times will very frequently affect your placement in google and can damage your high quality score if advertising and marketing with Adwords. Anyway I'm adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective exciting content. Ensure that you update this again very soon. capitalone com login

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter