Wednesday, 9 December 2015

Penyebab sistem pengisian bermasalah

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania bertemuu lagi pada postingan saya kali ini yang berjudul penyebab problem pengisian low.   suatu kendaraaan membutuhkan kestabilan dan daya yang cukup. Sehingga arus yang keluar dan arus yang masuk dapat seimbang, namun apa yang terjadi apabila sistem pengisian terjadi problem, aki akan tekor, lampu redup, stater susah. Nah bagaimanacara mengatasinya?

Pada umumnya sistem pengisian pada
                 Pada sistem pengisian di kendaraan mempunyai tiga komponen utama yaitu:
1.       Alternator
Alternator bertugas menghasilkan arus listrik. Cara kerjanya yaitu mengubah gerak putar puli poros engkol menjadi arus listrik dengan proses induksi kemagnetan.
2.       Regulator
Regulator pada sistem pengisian berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya arus yang harus diisikan pada batery. Jika batrey penuh maka regularor ini juga yang bisa menghentikan laju arus pengisian.
3.       Batery
Batery berfungsi sebagai penyimpan arus pengisian.
Nah jika di antara tiga komponen tersebut mengalami problem maka tentunya pengisian akan bermasalah.  Mari kita lihat penyebab komponen sistem pengisian mengalami kerusakan:
1.       Alternator, komponen ini biasanya rusak pada bagian pulinya. Pada saat ini mobil mobil baru menggunakan puli tipe one way clutch. Yaitu puli hanya dapat berputar satu arah saja. Akan tetapi puli tipe ini bisa mengalami kerusakan yaitu ngelos (dapat diputar ke kiri maupun ke kanan, nah jika puli ini ngelos maka putaran dari belt tidak dapat tersalurkan dengan baik menuju rotor. Sehingga pengisian akan low. Cara mengatasinya ialah ganti puli dengan yang baru. Karena tidak bisa diperbaiki.
Setelah puli sebagai penyebab pengisian low, ada juga penyabab lain yaitu pada brush. Jika brush habis maka tegangan dari regulator sebagai umpan ke stator  tidak akan tersalurkan akibatnya pengisian menjadi low, cara mengatasinya ganti brush baru.
Komponen pada alternator selanjutnya yang sering rusak adalah kumparan stator, ataupun diodanya. Jika komponen stator mengalami kerusakan (terbakar) maka dapat diperbaiki dengan cara spul ulang.
2.       Regulator, pada zaman  seperti sekarang ini sangat susah menjumpai regulator mekanik. Pada saat ini hampir semua regulator menggunakan Icregulator. Dan jika komponen ini rusak maka harus ganti satu set.
3.       Batrey yang rusak juga akan membuat sistem pengisian akan terganggu, jika ini terjadi cek batery (mengisi dengan air accu jika airnya kurang).
Demikian postingan saya pada kali ini semoga bermanfaat. Salam sukses...

1 comment:
Write komentar
  1. manteb gan postingannya ini bermanfaat sekali...
    tempat solder

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter