Saturday, 19 March 2016

Cara membuat ampli gitar sederhana dari radio bekas

Posted by   on


Selamat datang kembali para blogger mania, bertemu kembali pada postingan saya kalai ini yang berjudul cara membuat amplifier gitar dari radio bekas. Nah temen temen semua pasti penasaran bagaimana bisa radio bekas menjadi ampli gitar, makanya baca terus hehe. Ide ini berawal ketika di rumah saya terdapat radio FM yang sudah lama tidak dipakai, kemudian pada saat itu juga saya
sedang terinspirasi untuk membuat amplifier gitar sederhana. Kemudian tercetuslah ide membuat ampli gitar dari radio bekas.
                Pada postingan saya dulu, saya telah menjelaskan tutorial tutorial seputar gitar, yaitu mulai dari cara membuat pick up gitar sederhana, cara membuat efek gitar, dan agar lebih lengkap sekarang juga akan menjelaskan  tentang tutorial bagaimana cara membuat amplifier gitar sederhana dari radio bekas.
                Pada dasarnya rangkaian pada radio ada 2 buah rangkaian yaitu rangkaian penerima dan rangkaian penguat audio (amplifier). Untuk membuat amplifier gitar sederhana kali ini kita hanya membutuhkan bagian amplifiernya saja. Bagaimana cara mengetahui bagian penerima dan bagian ampli, caranya mudah sekali. Pertama lihat skema pada pcb radio, lihatlah jalur yang terhubung dengan 3 kaki potensiometer (volume), ketiga kaki itu adalah ground, output, dan input.
                Setelah kita menemukan jalur input di potensionya maka langkah selenjutnya adalah memutus solderan yang menghubungkan jalur pcb dengan kaki input potensiometer. Mengapa hal ini harus  dilakukan? Yaitu untuk memisah bagian penerima dengan bagian ampli sekaligus sebagai cara untuk memasukkan sinyal input dari penguat sinyal pick up.
                Untuk cara pembuatan penguat sinyal pick upnya ikuti skema di bawah
Rangkai komponen dengan  teliti, pada skema di atas elco pada bagian catu daya (C3) sebesar 10uf 25v kalau saya pakai yang 10 uf 16v, sebenarnya tidak beda jauh. Oke kembali pada pokok pembahasan hehe. Setelah semua komponen di atas telah dirangkai selanjutnya sambung ke bagian ampli pada radio tadi.
Cara menyambungkannya sangat mudah yaitu  catu dayanya tinggal dipararel dengan catu daya radio, kemudian outputnya disambungkan ke input potensiometer volume tadi  (yang di putus solderannya) selanjutnya kasih kabel dari input rangkaian penguat ini ke pick up gitar. Ingat kabelnya khusus untuk audio ya, yaitu kabel yang susunannya terdapat ground di sekelilingnya.
                Untuk penggunaan sumber tegangan saya menggunakan sebuah powerbank dengan kapasitas 2600 mah, lumayan gak usah repot repot beli batrey di warung. Kalau amplinya kehabisan batrey  tinggal charge aja powerbanknya. Itung itung dapat menghemat biaya hehe.
                Bagi yang ingin membuat ampli gitar sederhana ini akan tetapi radionya masih sering dipakai jangan kawatir, ada cara untuk mengatasinya yaitu diberi saklar selektor antara bagian penerima dengan ampli radio output penguat sinyal pickup. Jadi radionya bisa dipilih mode radio atau mode amplifier gitar.

Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat bagi teman teman semuanya, bagi yang mau sharing, komentar atau bertanya silahkan tulis di bawah ya, oke sekian dulu salam sukses..

5 comments:
Write komentar
  1. ga ngerti gan ... Kalo langsung dari speaker ngubak jacknya bisa ?

    ReplyDelete
  2. gan mau nanya itu TRnya tipe berapa y??
    makasih

    ReplyDelete
  3. keren ya bisa memanfaatkan elektronik bekas ini untuk menjadi lebih bermanfaat...
    cairan pembersih lcd touchscreen

    ReplyDelete
  4. Set daaah radio bekas w kasih tukang loak mulu klo rusak ...tau minta
    Tolong bikinin dah ...

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter