Saturday, 19 March 2016

Cara memperbaiki headset yang mati

Posted by   on

Selamat datang kembali para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki headset yang rusak. Nah temen temen yang hobi dengerin musik , telefonan, atau keperluan yang berhubungan dengan headset pastinya pernah mengalami kejadian dimana headset mengalami kerusakan. Ada beberapa kerusakan diantaranya mati sebelah, mati semua, suara tidak stereo, brisik, dan lain sebagainya. Bagi temen temen  yang mengalami kejadian seperti itu silahkan baca terus ya hehe, karena saya akan bahas tuntas cara memperbaiki headset yang rusak.

                Kerusakan headset disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya usia pemakaian yang sudah lama maka kemungkinan besar headset sudah putus atau bahkan terbakar spulnya. Cara penggunaan juga akan mempengaruhi usia pemakaian headset. Cara penggunaan yang sering menggunakan volume tinggi akan memperpendek usia pakai headset. Menggunakan headset pada alat atau perangkat yang tidak sesuai juga akan membuat headset anda rusak.




                Bagaimana cara memperbaiki headset yang rusak? Oke saya akan membahasnya satu persatu.
Cara memperbaiki headset yang mati sebelah
Sebelum memperbaiki, pertama kita harus kenali terlebih dahulu penyebabnya. Penyebab headset mati sebelah ada beberapa kemungkinan diantaranya kabel putus dan speakernya mati.
Cara mengetahuinya yaitu dengan cara menguji dengan multimeter, dan tes pada bagian percabangan kabel. Caranya sebagai berikut:
1.       Buka percabangan kabel headset dengan cara mencongkelnya, kemudian cari tulisan kecil  R, L, dan GND. 
Kemudian test dengan multi pada posisi X1 ohm antara terminal L dengan GND dan pastikan jarum bergerak diikuti bunyi kresek pada speakernya, jika tidak maka kemungkinan kabelnya putus. Jika kabel putus cara memperbaikinya ganti kabel atau memotong sedikit dan buang kabel pada ujung dekat percabangan dan menyambung kembali dengan solder. Karena biasanya kabel putus terjadi di sini. Lakukan pengetesan yang sama pada terminal R.
2.       Jika langkah nomor satu sudah dilakukan dan hasilnya baik maka langkah selanjutnya adalah mengetes kabel yang dari colokan sampai percabangan dengan cara yang sama yaitu cari tulisan kecil pada percabangan tadi yaitu  L, R dan GND kemudian ukur kontinuitasnya dengan colokannya. Memakai multimeter dan pastikan jarumnya bergerak. Jika dari tiga pengukuran tadi ada salah satu yang tidak bergerak maka bisa diperbaiki dengan cara yang sama pada langkah no. 1 yaitu memotong sedikit ujung kabel yang dekat dengan percabangan. Lalu sambung kembali dengan solder.
Cara memperbaiki headset yang tidak terdeteksi oleh perangkat
Masalah ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya salah penggunaaan dan kabel putus. Salah penggunaan yaitu menggunakan perangkat yang berbeda merk, biasanya beberapa produsen membuat hal ini. Akan tetapi sebenarnya hal ini dapat diatasi dengan mudah baca juga artikel lain cara modif headset supaya bisa dipakai dengan perangkat yang berbeda merk. Headset yang tidak terdeteksi dapat diperbaiki dengan cara mencari penyebab masalahnya dengan cara :
1.       Cari tulisan GND dan M.

2.       Kemudian ukur dengan ujung colokan. Silahkan lihat gambar. Dan pastikan jarum multimeter bergerak. Jika tidak bergerak maka dipastikan kabel putus.
3.       Perbaiki kabel yang putus dengan cara seperti di atas.
Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya!. Nah demikian  cara memperbaiki headset yang rusak. Semoga membantu dan salam sukkses..





23 comments:
Write komentar
  1. Thank gan ilmunya
    Mampir gan ke blog sederhana ane
    www.djitucooltourism.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Headset saya tipenya gepeng awalnya tidak ada kendala. Tapi setelah saya buat dengerin radio mode speaker ini headset tidak bisa dipakai lagi. Gimana solusi

      Delete
  2. Thank gan ilmunya
    Mampir gan ke blog sederhana ane
    www.djitucooltourism.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. mas bro, mau nanya kalo headset asus Z007 di colokin tp bunyi kecil, apanya yg rusak. gmna solusinya mas bro? thanx

    ReplyDelete
  4. mas bro, mau nanya kalo headset asus Z007 di colokin tp bunyi kecil, apanya yg rusak. gmna solusinya mas bro? thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicolokin agak dalem. Mungkin kurang conect aja.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Mas, ini Saya praktek nyoba motong kabel headset sebelah saja dan headsetnya masih nirmal, lalu saya sambung lagi dengan cara kabelnya saya plintir2 kok ngg bisa bunyi lagi ya mas...? terus headset sebelahnya lagi saya coba dengan cara yg sama malah ngga bisa bunyi semua mas...? apa harus pakai solder nyambungnya lg mas...?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu memang harus di solder gan. Karena kabel headset sebagian besar menggunakan isolator yang menempel di tembaganya. Intinya kalo disambung langsung nggak bisa . Musti di solder atau dibakar dulu isolatornya kemudian disambung. Semoga membantu .
      Thanks kunjungannya

      Delete
  7. Baiklah mas terima kasih atas ilmunya...😇

    ReplyDelete
  8. Bos ni ane punya headset sony yg x bass tiba2 mati semua apax yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dicobakah cara cara di atas?. Monggo dicoba dulu gan

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Gan headset saya tipe gepeng.
    Awalnya tidak ada kendala. Tapi setelah saya buat dengerin radio sebagai pengantar signal saja, karena radionya saya buat mode speaker.
    Setelah itu tidak bisa dipakai lagi.saya Sudah coba di ke 3 hp tetap headset tidak ada suaranya.
    Itu kenapa gan mohon solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kemungkinan kabel headset tertarik saat dijadikan antena radio sehingga ada kabel yang putus

      Delete
  11. Numpang promosi blog ane gan
    autoloft.blogspot.com

    :-D:-D:-D

    ReplyDelete
  12. Kalau masang2 kabel2 nya gmana mas. Misal kabel yg harus nempel di R APA terus Di L. ap Dan Gnd apa. Sya bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat dari tulisan di headsetnya mas, biasanya ada tulisan R dan L nya. kalau kabelnya yg beda warna biasanya R dan L dan yang sama warnanya GND. semoga membantu

      Delete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter