Saturday, 30 April 2016

Cara memperbaiki mouse yang rusak

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania, bagaimana kabarnya semoga baik baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting bagaimana cara memperbaiki mouseyang rusak.  Para blogger mania pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya mouse. Dari segi kegunaan mouse memegang peranan yang sangat penting, untuk mengendalikan sebuah komputer. Mouse juga bisa digunakan sebagai pengganti touchpad yang dirasa kurang nyaman, akan tetapi mouse di sini mempunyai bentuk dan ukuran yang kurang praktis apalagi jika dibanding dengan touchpad yang sangat praktis.

                Nah bagi temen temen yang pernah dibuat emosi oleh mouse tepat sekali jika anda membaca tulisan saya ini hehe. Mungkin temen temen pernah mengalami hal hal berikut ini dimana sedang mengerjakan tugas, atau mengerjakan sesuatu di komputer dan terbilang pekerjaan penting, akan tetapi mouse mengalami beberapa masalah, contohnya; tidak bisa klik, klik manjer, putus nyambung putuus nyambung dan lain sebagainya.
                Pada postingan saya kali ini saya akan membahas mengenai cara memperbaiki mouse yang rusak. Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada mouse disebabkan karena usia pemakaian. Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bahwa mouse mengalami gagal produk dari pabrik. Nah untuk membahas mengenai beberapa kerusakan, simak dibawah ini
1.       Mouse tidak terdeteksi komputer
Salah satu masalah pada mouse yang sering terjadi adalah mouse tidak terdeteksi oleh komputer. Terdapat 2 kemungkinan mengenai prooblem tersebut, diantaranya kabel putus dan IC rusak. Untuk kabel yang putus bisa langsung diganti dengan yang baru, atau jika tidak ada cara untuk memanfaatkan kabel yang sudah putus. Kabel yang putus biasanya putus pada bagian pangkal pangkal dari kabel tersebut. Kecuali kalau putusnya akibat tertarik. Kalau putus pada bagian pangkal pangkalnya bisa diperbaiki dengan cara memotong pada bagian pangkal tersebut dan membuangnya dan menyambungnya lagi ke pcbnya dengan bekas potongan tadi, jangan lupa sebelum membuang pangkal kabel yang dipotong harus dihafalkan warna kabel yang tersolder di pcb mouse agar pada saat penyambungan nanti posisi kabel tidak tertukar.
2.       Tombol klik keras
Masalah berikutnya yaitu tombol klik kiti maupun klik kanan yang keras atau bisa dikatakan sulit dipencet.  Pada problem ini penyebabnya adalah usia pakai mouse yang sudah lama, cara memperbaikinya terbilang sangat mudah. Pertama buka mouse dengan cara membuka sekrup pengunci yang letaknya biasanya di bawah mouse. Biasanya sekrup ini ditutupi dengan kaki mouse sehingga biasanya sekrup ini tidak terlihat sebelum melepas kaki mouse.
Setelah membuka mouse carilah tombol klik yang bermasalah, klik kanan atau kiri. Kemudian lepas menggunakan solder dan ganti dengan yang baru.
 Nah demikian postingan saya kali ini tentang cara memperbaiki mouse yang rusak semoga dapat membatu temen temen yang sedangmengalami masalah dengan mousenya, sekian postingan saya kali ini bila ada yang mau memberi saran atau bertanya silahkan tulis di kolom komentar ya hhe.
 Salam suksess

1 comment:
Write komentar
  1. salah satu perangkat komputer yang sering rusak, thanks solusinya ini min...
    solder uap

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter