Saturday, 30 April 2016

Cara memperbaiki televisi yang rusak

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania bertemu lagi pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki televisi yang rusak. Nah pada kesempatan kali ini saya juga akan menjelaskan tentang mudahnya memperbaiki televisi. Temen temen pastinya kalau mendapati tv nya rusak maka di benak temen temen pasti susah untuk memperbaiki, lalu diserahkan kepada teknisi tv. Nah jika diserahkan pada teknisi tv biasanya kalau tukang servisnya nakal bisa mengambil untung yang banyak. Nah untuk menghindari hal tersebut maka kita bisa belajar bagaimana cara memperbaiki tv sendiri, sehingga biaya yang kita keluarkan cukup sedikit.

                Nah kali ini saya akan memposting sebuah masalah pada tv tcl 14, problemnya yaitu kadang kadang gambarnya agak kemerah merahan dan gambarnya separo. Dan setelah itu tv mati total dengan terdengar bunyi tit tit tit. Nah pencarian penyebab permasalahan saya mulai . kita bongkar tv dan kemudian saya hilangkan  setrum yang ada pada kabel flyback dengan cara menggunakan test lead multitester , dengan cara yang ujungnya saya selipkan di per groung yang melilit tabung gambar kemudian ujung test leadnya saya colokkan ke kop anoda yang dibungkus karet, dan ckrak ckrak. Setelah  tegangan sisa telah ilang saya mulai mencabuti kabel kabel yang menempel di pcb. Setelah itu saya periksa pada bagian horisontalnya, mulai dari kumparan defleksi , trafo osilator. Flyback, tr horisontal. Nah setelah saya periksa menggunakan multi semuanya normal kecuali transistor horisontal yang mempunyai seri D5023, transistor kedapatan short. Nah ternyata flyback bunyi tit tit tit dikarenakan tr horisontalnya short.  terhubung dengan kaki kolektor dan emitor transistor horisontal, seharusnya juga harus diganti akan tetapi di toko toko elektronik juga jarang. Kemudian saya ambil multimeter dan saya ukur ternyata jarum tidak bergerak artinya kapasitor masih bisa digunakan.
Kemudian saya mencari transistor tersebut di toko elektronik akan tetapi semua toko elektronik di dekat rumah saya tidak ada yang jual. Kata si penjualnya transistor itu langka, kemudian saya memutuskan untuk menggantinya dengan seri yang lain akan tetapi spesifikasinya hampir sama. Transistor horisontalnya saya ganti dengan seri D2499. Dan untung saja transistor tersebut banyak dijual. Dan setelah itu saya pasang dengan posisi saya balik karena ukuran transistornya terlalu besar untuk heatsink D5023. Dan penyambungannya saya menggunakan kabel. Setelah saya pasang saya juga mengecek kapasitor damper yang
                Kemudian mencari penyebab  gambar hilang separo, dan kalau digebrak tvnya bisa sembuh. Nah kalau gambarnya Cuma separo saya curiga di bagian kumparan defleksinya, dan saya lakukan solder ulang .
kumparan defleksinya juga masih terlihat bagus, saya ukur dengan menggunakan multi juga masih menunjukkan nilai tahanan, artinya kumparan defleksi masih dalam keadaan baik hanya saja solderannya kemungkinan kendor.
                Setelah itu saya cari penyebab problem yang ketiga yaitu  gambar agak kemerah merahan, kalau digebrak tvnya juga sembuh. Untuk problem yang ini saya langsung mengecek pada bcb RGBnya saya cek solderan yang kendor dan saya lakukan solder ulang. Tak lupa juga kabel RGB yang ke IC  bawah juga saya periksa. Socket socketnya saya bersihkan. Kemudian salah satu transistor penguat warna hijau atau green (G) yang mempunyai tipe C2482 saya ganti, mengapa saya ganti yaitu karena biasanya jika warna tv kemerah merahan artinya warna hijaunya tidak ada, dan ada kemungkinan di bagian warna hijau terdapat masalah.
                Setelah semua itu saya lakukan saya mencoba menghidupkan tv. Dan byar tv hidup normal. Akan tetapi saya pegang pada transistornya puanas sekali, dan saya tidak yakin tv bisa tahan 3 jam. Hal ini kemungkinan kapasitor dampernya rusak sehingga listrik dari kumparan primer flyback tidak bisa diredam dan langsung kena ke Trnya, akibatnya transistor menjadi panas, pikir saya. Saya coba pararel kapasitor damper nya dengan tipe lain, akan tetapi gambarnya menjadi agak gelap. Saya setel pada skrup adjusment screen nya juga masih gelap. Tetapi cara ini mampu membuat transistor menjadi lebih dingin. Dan karena gambarnya tidak memuaskan saya copot lagi kapasitor tambahan tersebut. Dan saya biarkan tv menyala selama kira kira 4 jam lebih dan ternyata transistornya tidak mati juga. tvnya masih bisa menyala walaupun transistor horisontalnya panas. Akan tetapi saya harus segera mencari kapasitor dampernya. Agar transistor tidak rusak.
                Nah demikian cara memperbaiki televisi yang bisa saya share. Jika ada yang mau memberi saran atau tambahan bisa ditulis di kolom komentar. Karena saya juga masih newbie hehe, dan postingan saya ini benar benar dari pengalaman saya sendiri.
Terimakasih sudah berkunjung di blog saya semoga sukses selalu






1 comment:
Write komentar
  1. harus diservis nih kalau sudah rusak gini biasanya...
    tempat thinner

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter