Sunday, 31 July 2016

Cara membuat jupiter z menjadi kopling manual

Posted by   on



Selamat datang kembali para blogger mania bertemu kembali di blog sederhana ini. kali ini saya akan memposting bagaimana cara membuat jupiter z menjadi kopling manual. Saya terinspirasi ide ini dari berbagai macam sumber, mulai dari internet hingga terinspirasi dengan orang yang menggunakan kopling manual di jupiternya. Nah berawal dari itu semua saya sangat ingin untuk membuat kopling manual di jupiter saya.


Pada hari minggu pagi pagi saya mencari cari blok kopling manual di internet. Kemudian saya mendapat penjualnya di salah satu toko online yang kebetulan tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah saya. Setelah itu saya COD dengan penjual bloknya dan saya beli dengan harga 250k, itu sudah komplit dan tinggal memasangnya.
Hanya saja seal oli pada poros kruk as nya udah sobek, terpaksa deh cari di bengkel yamaha kemudian saya dapat dengan harga 15k.
Untuk langkah langkah memasangnya cukup mudah kok
1.       Pertama tama kuras oli mesin, kemudian buka blok kopling sebelah kanan dengan cara melepas kick stater , footstep , dan knalpot terlebih dahulu.
2.       Kemudian lepas 4 baut penahan per kopling, kemudian lepas plat penekannya sehingga terlihat mur pengunci rumah koplingnya. Setelah itu kendurkan mur tersebut dan lepas rumah koplingnya.
3.       Agar kopling menjadi ful clutch maka fungsi dari kopling ganda harus dimatikan dengan cara mengelas secara seimbang atau menggantikan dengan balancer. Kalau saya milih las karena murah dan praktis hehe.di sini saya mendapati kendala Karena mangkuk kopling sentrifugal jupiter menghadap ke dalam maka akan susah cara mengelasnya. Kalau lepas kemudian dilas nanti bakal tidak bisa dipasang karena nggak center. Nah solusinya yaitu dengan cara mengelas titik terlebih dahulu dari lubang lubang di mangkuknya kemudian baru dilepas dan dilas secara seimbang.
4.       Setelah dilas pasang kembali kopling sentrifugalnya dan kencangkan mur. Kemudian pasang juga rumah kopling beserta kampasnya dan jangan lupa ganti stud dengan stud bawaan blok kopling. Setelah itu pasang gasket dan blok koplingnya.
5.       Setelah semua beres maka langkah selanjutnya adalah membuat dudukan handle di stang kiri dan tinggal pasang kabel dan menyetelnya.
Setelah proyek ini selesai maka tinggal test ride, setelah test ride saya merasakan tenaga yang tersalur sempurna dari rpm bawah sekalipun, jadi bbm juga akan bisa lebih efisien.
Demikian postingan saya kali ini yang berjudul cara membuat jupiter z menjadi kopling manual. semoga bermanfaat, salam suksess

4 comments:
Write komentar
  1. Bg klo handlenya pake punya motor apa ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pngen bagus mungkin bisa pakai punya jupiter mx gan, jadi nanti dudukan spionnya bisa pas. Kalo punya saya itu bukan punya jupitr mx, kemarin pas beli tinggal pasang aja. Tapi harus menggerinda dudukan spion std. Thnks atas kunjungannya gan. Semoga membantu

      Delete
    2. Kalo pngen bagus mungkin bisa pakai punya jupiter mx gan, jadi nanti dudukan spionnya bisa pas. Kalo punya saya itu bukan punya jupitr mx, kemarin pas beli tinggal pasang aja. Tapi harus menggerinda dudukan spion std. Thnks atas kunjungannya gan. Semoga membantu

      Delete
  2. link toko online bak kopling nya dong bang

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter