Sunday, 11 December 2016

Cara mengganti kom stir motor

Posted by   on



Para blogger mania, memiliki kendaraan bermotor memang harus melakukan servis rutin. Apalagi jika kendaraan yang kita punya menjadi alat transportasi sehari hari, entah digunakan untuk bekerja , sekolah, atau traveling. Nah jika kita melakukan servis rutin maka kita akan lebih tenang, nyaman dan pastinya aman untuk dikendarai setiap harinya.
Meskipun kita servis rutin, motor yang kita punya tentu mempunyai komponen komponen yang saling bergesekan sehingga memungkinkan kedua komponen tersebut mengalami keausan jika telah kita gunakan cukup lama. Contohnya bagian bearing pada stang juga salah satu komponen yang saling bergesekan dan mengalami keausan. Jika komponen ini rusak atau aus maka motor akan terasa tidak nyaman. 

                Mengganti kom stir atau bearing  lebih baik diserahkan pada bengkel yang  profesional. Akan tetapi  Jika temen temen ingin mengganti komponen ini sendiri di rumah maka tidak ada salahnya juga. Untuk step stepnya akan saya tuliskan di bawah ini monggo disimak.


Alat dan bahan :
1.       Race ball kit
2.       Obeng plus, kunci ring 14,balok kayu sebagai pengganjal motor.
3.       Obeng min yang bisa dipukul
4.       Kunci ring untuk melepas roda dan kaliper rem.
Langkah langkah:
1.       Posisikan motor pada standar tengah dan ganjal pada bagian bawah mesin menggunakan balok kayu sehingga roda depannya mengambang. Buka semua body yang menutupi kom stir dengan menggunakan obeng plus. Setelah itu lepas roda depan dan kalipernya.
2.       Kemudian buka baut 14 di bawah setang untuk melepas setang. Setelah dilepas maka akan terlihat seperti ini  
3.       Setelah itu buka pengunci atas menggunakan obeng min dan di pukul ke arah mengendorkan yaitu ke kiri. Setelah semua terlepas maka tarik sok depan ke bawah kemudian akan terlihat seperti ini 
4.       setelah semua terlepas maka langkah selanjutnya yaitu mengambil bekas bearing lama dari rangka   dengan cara mencongkel dengan obeng min dan dipukul dengan seimbang dan hati hati.
dari poros kemudinya
5.       Setelah semua terlepas, ganti menggunakan bantalan yang baru 
dan beri pelumas agar bearing tidak cepat aus dan bekerja dengan baik.  secukupnya dengan obeng lalu dipukul ke kanan.
Setelah semua bearing tersusun rapi di dudukannya maka pasang poros kemudi ke rangka motor dengan hati hati dan susun ring dan mur penyetel pada bagian atas kemudian stel kemudian kencangkan mur pengunci
6.       Pasang roda , kaliper , setang dan kencangkan semua mur dan bautnya
Nah begitulah cara mengganti kom stir pada motor semoga bermanfaat bagi temen temen semuanya. Mohon maaf  jika ada yang kurang lengkap atau kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah ini. sekian dan terimakasih salam suksess.
                                                       

1 comment:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter