Monday, 9 January 2017

mengganti filter udara dan servis ringan motor

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania kali ini saya akan memposting pada saat saya mengganti filter udara di motor saya. Beberapa hari yang lalu saya mengecek kondisi  filter ternyata udah kotor dan terdapat lubang bekas tusukan, kemungkinan dulunya lubang memang sengaja di buat untuk memperlancar aliran udara , maklum motor belinya nggak baru. Wah kalau filter udah bolong bolong begini pasti karbu juga udah kemasukan debu yang melewati lubang di filter udara, pikir saya. maka saat akan mengganti filter udara karbu juga harus dibersihkan .


                Setelah beberapa hari, pada saat pulang kerja saya mampir dulu ke toko sparepart motor untuk membeli filter udara yang genuine  Harganya 36 ribu. Tak lupa juga juga untuk membeli carb clean seharga 35 rb kalo ga salah, fungsinya untuk membersihkan karburator yang udah terlanjur kotor.
                Akhirnya sampai rumah juga, dan saya mulai mengerjakan ide saya tadi. Pertama saya buka box filter udara dan menggantinya dengan yang baru, tapi jangan lupa untuk membersihkan box filternya terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk memindah seal lama ke filter udara yang baru.
                Selanjutnya lepas karbu dan membongkarnya. kemudian saya lepas satu persatu komponennya termasuk pilot jet dam main jetnya lalu menyemprot dengan carb clean.
Tapi ternyata carb cleannya membuat komponen karet pada karburator menjadi melar atau mengembang. jadi harus sangat hati hati dalam menyemprotkan ke bagian bagian karburator yang terdapat karet, bila perlu lepas komponen karetnya terlebih dahulu sebelum menyemprot dengan carb clean. tak ketinggalan membersihkan intake manifold.
                Setelah semua selesai langkah selanjutnya tinggal merakit karburator dan menginstal di motor. Dan tinggal stel karburator untuk campuran udara dan bahan bakar yang pas. Dan tinggal test ride dan motor  lebih baik performanya dan semoga tetap irit hehe. Demikian postingan saya kali ini tentang mengganti filter udara motor, bila ada yang ingin ditanyakan langsung ketik aja di kolom komentar. Semoga bermanfaat salam sukses

1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter