Saturday, 25 March 2017

Tips memilih mobil bekas yang berkualitas

Posted by   on



Tips memilih mobil bekas yang berkualitas
Memilih  mobil bekas  memang gampang gampang susah. Maka dari itu untuk memilih mobil bekas berkualitas akan saya tuliskan di artikel sederhana ini.
Mobil bekas memang masih banyak diminati oleh penggemar otomotif dengan berbagai alasan diantaranya memiliki harga yang lebih terjangkau atau memiliki nilai seni. Akan tetapi hall ini bisa jadi dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Maka dari itu kita setidaknya mengerti tentang hal hal yang harus diperhatikan pada saat membeli mobil bekas. Bagi anda yang ingin membeli mobil bekas di toko mobil atau membeli kepada pembelinya langsung maka tips ini bisa menjadi pertimbangan bagi teman teman semua.
Tips
1.       Periksa kelengkapan surat surat
Dalam memilih mobil bekas maka kita juga harus memperhatikan hal ini,  coba lihat BPKB dan STNK.  Jangan lupa sesuaikan dengan nomor rangka dan nimor mesinnya apakah cocok ataukah tidak cocok. Kemudian pajak masih panjang ataukah bahkan sudah telat, inilah yang bisa untuk bahan pertimbangan bagi temen temen semua.
2.       Cek  kondisi fisik mobil
Pada bagian fisik kendaraan kita bisa melihat kondisi cat yang masih bagus atau sudah waktunya untuk dicat ulang. Cek juga apakah mobil pernah menabrak atau belum, kalaupun ragu anda bisa bertanya langsung kepada si pemilik mobil untuk meminta penjelasan.
3.       Periksa kondisi mesin
Pertama coba start mobil pastikan stater jrengg dan mesin langsung hidup, ini secara awam mengindikasikan bahwa accu masih baik, kemudian dengarkan bunyi bunyi di bagian mesin apakaha terdapat bunyi abnormal seperti ngikk.  Perhatikan juga kebocoran oli mesin, kondisi tali kipas apakah retak2, engine mounting apakah pecah. Kemudian tengok ke belakang pada bagian knalpotnya pastikan tidak ngebul. Atau bisa juga disentuh menggunakan jari pada ujung knalpot. Apa bila tidak terdapat abu yang pekat dapat dipastikan mesin bekerja dengan pembakaran yang baik. Apa bila perlu buka busi.
4.       Cek kaki kaki
Langkah selanjutnya ialah memerikasa kondisi kaki kaki. Pemeriksaan bisa diawali dari kondisi tread ban apakah masih tebal apakah sudah tipis. Kemudian lihat dan perhatikan pada keausan ban depan mobil pastikan tidak makan setengah. Kalau makan setengah atau aus tidak wajar maka bisa jadi perlu spooring.
Selain ban pemeriksaan shock breaker juga tidak kalah penting bagi kenyamanan berkendara. Cara memeriksanya ada dua yaitu bisa ditest drive dijalan yang tidak rata dan seharusnya mobil berjalan halus tanpa ada suara abnormal seperti gluduk gluduk dan lain sebagainya. Pemeriksaan kedua adalah dengan melihat kebocoran pada  shock breaker, dan jika bocor mobil akan tidak nyaman ketika di kendarai.
5.       Cek interior dan eksterior
Pengecekan interior diantaranya power window, audio, ac  apakah dingin atau sudah waktunya isi freon, kondisi lampu lampu, wiper, washer. Kain jog  Dan lain lain
6.       Perksa bagian driver
Pemeriksaan di jog driver diantaranya stir. Pemeriksaannya adalah dengan cara diputar dan rasakan berat atau entengnya, jika sudah berat maka bisa bernegosiasi dengan si pemilik mobil untuk biaya perbaikan power steering. Pemerikasaan selanjutnya adalah kondisi pedal pedal seperti rem pastikan tidak terlalu dalam atau bahkan kanginan, kopling (untuk mobil manual) dan jika kampas kopling masih tebal maka pedal kopling tidakakan terasa berat, pedal gas.
 demikian beberapa tips dalam memilih mobil bekas berkualitas, jika ada yang ingin ditanyakan ketik di kolom komentar. salam sukses

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter