Sunday, 23 April 2017

6 Tips berkendara agar hemat bahan bakar

Posted by   on




Selamat datang kembali para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul 6 tips berkendara yang hemat bahan bakar. Nah bagi temen temen semua yang memiliki kendaraan bermotor maka tidak terlepas yang namanya bahan bakar, setiap kali kita akan berpergian maka yang kita cek adalah bahan bakar.


Yang namanya kendaraan bermotor maka semuanya membutuhkan bahan bakar kecuali kendaraan hybrid ya.  Seiring dengan pesatnya jumlah produksi kendaraan bermotor di dunia mengakibatkan kelangkaan bahan bakar minyak sehingga bahan bakar harganya menjadi mahal. Nah bagaimana cara kita mensiasati agar kendaraan kita hemat dan tetap nyaman tentunya. 

Mari kita simak tipsnya sebagai berikut

1.       Cek tekanan ban
Baik kendaraan roda 2 maupun roda 4,perlu mengecektekanan ban minimal 1-2 minggu sekali, atau sesuai frekuensi dan kondisi pemakaian. Jika pemakaian terbilang sering bahkan digunakan pada jalan yang tidak rata meka ban adalah bagian yang tidak boleh tertingal pemeriksaannya.

2.       Tidak membawa beban berlebihan
Membawa barang yang tidak perlu tentu menimbulkan beberapa kerugian, selain mempersempit tempat membawa barang berlebihan dapat menyebabkan boros bahan bakar.

3.       Perhatikan cara berkendara, 
c     cara berkendara yang baik diantaranya memposisikan tuas transmisi sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan, jika kecepatan tinggi maka jangan memaksa mesin sampai meraung raung pada putaran atas, segera pindahkan gigi transmisi ke tingkat yang lebih tinggi. begitupun sebaliknya jika kondisi jalan menanjak maka jangan memaksakan mobil pada posisi gigi tinggi segera kurangi.
     berikutnya adalah cara menginjak pedal gas, cara menginjak pedal gas agar hemat bbm yaitu secara pelan dan smoth. hindari untuk menginjak pedal gas secara spontan.

4.       Tidak perlu memanaskan mobil terlalu lama
j      jangan memanasi mobil terlalu lama, karena hal ini akan membuang mbuang bahan bakar secara percuma. panasi mobil sekiranya kurang lebih 10 menit saja
 
5.       Gunakan bahan bakar yang berkualitas
       bahan bagar yang berkualitas maka akan berdampak baik terhadap mesin. terjadinya knocking atau detonasi/ nglitik bisa diminimalisir dengan cara memilih bahan bakar yang berrkualitas. pengendapan kotoran di ruang mesin menjadi sangat minim sehingga umur mesin menjadi lebih panjang.
 
6.       Jagalam mesin dalam keadaan prima
       service di bengkel terpercaya secara rutin merupakan hal yang harus dilakukan agar mesin dalam keadaan prima. selalu periksa kondisi oli dan air air radiator.

nah demikian sekedar info bagaimana cara berkendara yang hemat bahan bakar. untuk pertanyaan silahkan ketik di kolom komentar. salam suksess

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter