Tuesday, 18 April 2017

Cara merawat aki motor yang benar agar awet

Posted by   on



Selamat datang kembali para blogger mania mertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara merawat aki motor yang benar agar awet. Nah komponen aki atau batrey memang menjadi sebuah komponen yang teramat penting bagi kendaraan.

Fungsi dari aki atau batrey ada beberapa yaitu:

1.       Sebagai penyimpan arus llistrik. Nah fungsi ini berkaitan dengan sistem stater yaitu pada saat hendak menghidupkan motor untuk pertama kalinya maka fungsi aki sebagai penyimpan arus listrik sangat berguna untuk memutar mesin.
2.       Yang kedua adalah penyetabil tegangan. Putaran mesin atau dinamo pembangkit memang bersifat fluktuatif atau bisa dibilang tidak stabil. Nah jika tidak terdapat aki pada sebuah kendaraan bermotor maka arus yang digunakan pada sistem kendaraan bermotor tersebut tidak akan stabil. Dan akibatnya lampu menjadi sangat terang pada saat rpm atas dan lampu akan meredup ketika mesin dalam keadaan stasioner.
 Dalam beberapa fungsi di atas dapat kita simpulkan bahwa aki merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Nah apa saja perawatan yang bisa dilakukan agar accu atau bateray dapat bertahan lama dan berfungsi secara optimal?

Mari kita simak langkah langkahnya:

1.       Untuk aki basah, selalu cek ketinggian air aki dan pastikan berada di atas garis lower dan jika kurang bisa ditambah menggunakan air murni sampai ketinggian tepat berada di garis upper.
2.       Periksa kondisi pull accu. Pull accu atau kutub kutub batrey kadang terdapat kerak berwarna hijau. Nah kerak ini akan menghambat jalannya arus listrik pengisian atau pengeluaran batrey tersebut sehingga batrey tidak akan berfungsi dengan baik. Cara membersihkannya cukup melepas kutup batrey lalu siram dengan air panas maka secara perlahan kerak akan hilang. Dan setelah bersih pasang kembali kutup accu.
3.       Jika kendaraan tidak sering digunakan alangkah baiknya untuk sekedar memanasi mesin setiap pagi minimal 30 menit. Kendaraan yang jarang digunakan  mempunyai potensi kerusakan aki lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan yang sering dipakai. Mengapa demikian ? aki pada mobil yang jarang dipakai tidak mendapatkan tegangan pengisian secara baik. Yang ada, batrey justru mengeluarkan energi untuk menghidupkan alarm atau lain sebagainya. Akibatnya batreya akan tekor dan lama kelamaan akan menjadi rusak.
4.       Jangan menggunakan accesoris yang berlebihan. Accesories yang berlebihan sangat mempengaruhi kinerja batrey dikarenakan spesifikasi  batrey dan spesifikasi  sistem pengisian yang tidak sesuai dengan beban yang telah dihitung oleh pabrik pembauat kendaraan tersebut. Maka penggunaan accesories yang berlebihan sangat tidak dianjurkan.
Nah bagaimana jika accu atau batrey yang kita punya terlanjur soak Atau rusak.

 Yang harus kita lakukan adalah:
1.       siapkan alat dan bahannya yaitu:
a.       Accu soak
b.      Accu zuur dan bodr*k obat sakit kepala.
c.       Air mendidih
2.       Setelah alat dan bahan siap langkah kedua yaitu kuras semua elektrokit di dalam accu kemudian isi dengan air panas,
kemudian kocok kocok sehingga kotoran yang terdapat si sel sel accu bisa bersih. Lakukan langkah ini sampai air bilasan menjadi bersih.
3.       Setelah air bilasan bersih. Keringkan accu di bawah terik matahari unntuk mengeringkan sisa sisa air pembilasan. Setelah kering  isi accu dengan menggunakan accu zuur dan tidak lupa memberi  sedikit  bubuk obat sakit kepala di masing masing sel.
4.       Tunggu beberapa saat lalu bisa dilakukan charging atau bisa langsung dipasang di kendaraan bermotor anda.
Sesuai pengalaman saya, cara di atas memang terbukti berhasil. Nah semikian para blogger mania partikel kali ini yang berjudul cara merawat accu pada kendaraan. Semoga dapat bermanfaat bagi temen temen semuanya,  bila ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar di bawah ini ya. Terimakasih dan salam suksess......




1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter