Monday, 24 April 2017

Penyebab dan Cara menghilangkan bunyi pada rem

Posted by   on




Rem merupakan sebuah sistem yang sangat penting bagi kendaraan. Rem berfungsi sebagai memperlambat atau menghentikan sebuah  laju kendaraan. Banyak sekali kecelakaan yang diakibatkan oleh sistem rem yang bermasalah, maka dari itu kita harus mengetahui pentingnya sebuah rem pada kendaraan.


Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan yang di sebabkan karena sistem rem yang bermasalah maka sering seringlah periksa komponen yang berhubungan dengan sistem rem, contohnya minyak rem harus selalu di atas tanda lower, dan warnanya tidak berubah drastis dengan warna minyak rem yang baru. Jika karena minyak rem telah berubah drastis maka sebaiknya lakukan penggantian di bengkel terpercaya atau kalau bisa diganti sendiri di rumah.  Karena warna yang berubah menunjukkan bahwa kualitas minyak rem telah menurun.
Disamping kita menjaga sistem rem dari kerusakan ringan , bagaimana jika rem pada kendaraan kita berbunyi abnormal. Nah berikut merupakan beberapa penyebab bunyi abnormal pada sistem rem dan cara mengatasinya:

Kotoran pada kampas rem
Kotoran yang melekat pada kampas tentunya akan menghambat jalannya pengereman dikarenakan permukaan kampas yang seharusnya langsung menekan discbrake terhalang oleh kotoran. Akibat dari kotoran ini yaitu rem berbunyi mendecit. Untuk solusi dari masalah ini yaitu bongkar rem lalu amplas permukaan kampas. Setelah itu semprot angin bertekanan dan brakecleaner. Kemudian pasang kembali pada kaliper. Tidak lupa lumasi permukaan kampas yang bersinggungan dengan kaliper menggunakan vet atau vaselin.

Kampas rem habis
Rem berbunyi bisa juga disebabkan karena kampas rem habis. Pada kampas rem sebagian besar memiliki indikator berupa tekukan plat, nah plat ini akan bersinggungan dengan discbrake ketika kampas hampir habis. Sedangkan di bagian rem teromol, sebagian besar tidak memakai indikator seperti pada rem cakram, akibatnya jika shoe kit habis maka besinya akan menempel di teromol langsung. Cara untuk mencegah hal ini terjadi maka sering seringlah periksa ketebalan kampas rem di bengkel terpercaya atau dicek senndiri. Jika kampas sudah habis maka tidak ada cara lain selain menggantinya.

Disc brake atau teromol tidak rata

Tidak ratanya discbrake disebabkan oleh beberapa hal di antaranya usia pakai mobil atau motor yang sudah lama, kampas rem non genuine, dan faktor faktor eksternal lainnya. Cara mengatasi discbrake yang tidak rata yaitu lakukan rematching di bengkel bengkel yang menyediakan jasa rematching discbrake.

Sliding, piston, atau silinder roda ada yang macet

Penyebab hal ini diantaranya kendaraan yang lama terendam banjir. Nah gejala yang ditimbulkan jika salah satu diantara komponen tersebut macet adalah roda akan seret ketika diputar dan timbul suara srek srek, pada saat kondisi pedal rem tidak di injak. Cara untuk mengatasi hal ini maka lakukan overhoul kalliper, penggantian silinder roda, atau pelumasan ulang pada sliding kaliper rem. Untuk memperbaiki kerusakakn ini sebaiknya lakukan di bengkel  terpercaya anda.

Kampas rem imitasi atau non genuine
Kampas rem yang tidak asli memang harganya murah, akan tetapi kualitasnya jauh dengan kampas yang genuine. Membeli kampas rem yang tidak asli justru akan menyebabkan banyak masalah pada komponen komponen lain pada sistem rem. So sebaiknya ganti kampas rem kendaraan anda dengan komponen yang berkualitas.

Kondisi pemakaian
Kondisi pemakaian yang sering ngerem sambil ngegas (untuk matic) tentunya akan membuat kampas rem menjadi cepat habis, akibatnya kotoran cepat menumpuk dan menyebabkan bunyi. 

Nah demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara menghilangkan bunyi pada sistem rem yang dapat saya share. Pada intinya servis rutin kendaraan di bengkel terpercaya memang wajib dilakukan agar kendaraan kita dalam keadaan prima. Semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan tulis di kolom komentar ya. Salam sukses


1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter