Sunday, 23 April 2017

Tips berkendara di jalan yang basah

Posted by   on




Jalanan licin sering dijumpai ketika sehabis hujan datang. Nah apa saja persiapan atau tips tips dalam menghadapi jalan yang licin? Simak terus artikel ini ya. Angka kecelakaan yang disebabkan oleh jalanan yang licin masih terbilang cukup tinggi. Maka dari itu di sini saya akan membahasnya satu persatu tips tips yang mungkin dapat anda terapkan pada saat melewati jalan yang licin.


Berdoa sebelum berkendara
Alangkah baiknya kita berdoa sebelum memulai perjalanan kita agar diberi keselamatan agar sampai tujuan tanpa halangan suatu apapun.

Cek kendaraan anda
Pemeriksaan yang wajib dilakukan ialah tekanan ban yang sesuai.  Hal ini bertujuan untuk membuat traksi ban terhadap roda menjadi lebih besar, sehingga gejala spin atau selip bisa diminimalisir. Pastika juga tebal tread ban mencukupi, sebaiknya jangan mengendarai kendaraan dengan kondisi ban habis di jalan yang licin.

Hidupkan lampu utama
Pada saat hujan lebat maka kita sebaiknya menyalakan lampu utama atau foglamp. Fungsi  menyalakan lampu adalah mempermudah kita dalam melihat dengan jelas objek yang ada di depan mobil atau motor kita. Selain itu pengendara yang ada di lawan arah juga bisa mengetahui kalau ada mobil di depannya. Sehingga berkendara menjadi aman.

Kendarai mobil dengan hati hati
Untuk tips ini wajib dilakukan pada saat melewati jalan yang licin. Mengendarai dengan kecepatan yang tinggi menyebabkan mobil  akan sulit di kendalikan ketika ada bahaya mendadak. Mengendarai mobil secara pelan dan hati hati merupakan hal yang wajib dilakukan, baik demi keselamatan pribadi atau orang lain.
Jangan mengerem mendadak
Cara mencegah agar kita tidak melakukan rem mendadak yaitu menjada jarak kendaraan kita dengan kendaraan yang ada di depan. Jarak ini tergantung dengan kecepatan mobil kita, jika kita mengendarai mobil agak cepat maka jarak yang diperlukan semakin jauh. Hal ini bertujuan untuk memberi jarak pengereman yang ideal. Sehingga roda tidak akan slip dan sulit dikendalikan. Pengendara yang ada dibelakang kita pun tidak akan kaget.

Hindari genangan air
Cara menghindari genangan air yang benar adalah dengan cara memastikan bahwa kondisi sekitar aman untuk berpindah jalur lalu kemudian memberi lampu isyarat terlebih dahulu. Menyalakan lampu sein akan memberi isyarat kepada kendaraan yang ada di belakang supaya tidak kaget. Mengapa genangan air sebaiknya di hindari?  Selain merugikan orang lain tentunya merugikan diri sendiri . contohnya jika cipratan air mengenai orang lain maka hal itu akan membuat orang lain mnjadi kesal.  Contoh kedua yang merugikan diri sendiri adalah jika kita tetap melewati kubangan air tersebut akan tetapi kita tidak tahu seberapa dalam kubangan tersebut, bisa jadi kendaraan kita terperosok ke kubangan yang dalam. Walaupun kubangan tidak dalam sebaiknya kita tetap hindari untuk alasan menjaga kaki kaki mobil juga.

Jika kaca berembun
Jika kaca berembun gunakan pengatur suhu kabin kendaraan untuk menghilangkan embun tersebut

 nah demikian beberapa tips yang dapat dipraktekkan disaat hendak berkendara di jalan yang basah, jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung tulis di kolom komentar. salam sukses

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter