Tuesday, 25 April 2017

Tips mencuci mesin mobil yang benar

Posted by   on




Selamat datang kembali para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini. pada kesempatan kali ini saya akan  berbagi tentang beberapa tips mencuci mesin mobil yang aman dan bersih.


Ruang mesin yang kotor menyebabkan beberapa masalah mesin, diantaranya ruang mesin menjadi sarang sarang hewan. Dan jika hewan hewan mengigit kabel di ruang mesin, maka akibatnya sistem kelistrikan yang akan bermasalah tentunya. Contoh lain selang selang washer digerogoti hewan akibatnya jika tuas washer dioperasikan air tidak keluar dari nozel melainkan bocor pada bagian tertentu.

Ruang mesin yang bersih memiliki banyak manfaat diantaranya, sedap dipandang, tidak menjadi sarang hewan, secara tidak langsung akan memberi dampak yang baik terhadap mesin, misalnya mesin menjadi optimal pada sistem pendingin. Mengapa demikian? Jawabannya ketika kisi kisi pada radiator dipenuhi dengan kotoran maka angin yang berhembus dari motorfan tidak akan langsung menyentuh kisi kisi melainkan terhalang debu atau kotoran sehingga pendinginan mesin akan terhambat. Dan sebaliknya jika kondisi mesin bersih radiator bersih maka sistem pendingin akan bekerja dengan baik.

Bagi sebagian orang mencuci mesin  adalah kegiatan yang membahayakan mesin mobil. Akan tetapi tidak seburuk itu jika dilakukan sesuai prosedur dan hati hati. Nah bagaimana caranya mencuci mesin mobil sendiri di rumah tanpa ada rasa takut atau khwatir terjadi apa apa pada mesin mobil kita? Simak tips tipsnya sebagai berikut:

1.       Lindungi bagian yang tidak boleh kemasukan air
Sebelum mengguyur ruang mesin menggunakan air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membungkus dengan kantung plastik pada bagian yang tidak boleh kemasukan air contohnya: fusebox, lubang intake filter udara, horn alarm, dan socket socket yang kelihatannya rawan terkena air.


2.       Gunakan sabun colek
Setelah langkah pertama dilakukan maka langkah selanjutnya adalah mengguyur mesin dengan air yang tidak bertekanan. Mengapa tidak boleh menggunakan air bertekanan? Alasanya ketika terdapat seal yang berupa karet pada mesin yang sudah tidak lentur maka seal tersebut tidak akan kuat menahan air bertekanan, sehingga air akan masuk ke sistem pada mesin, contohnya seal pada koil yang mengakibatkkan mesin menjadi pincang. Nah setelah kita guyur langsung saja oleskan sabun colek pada bagian yang kotor.

3.       Gunakan sikat gigi bekas
Sebenarnya tips ini opsional ya. Akan tetapi memakai sikat gigi memiliki banyak kelebihan diantaranya tidak terlalu keras dan dapat menjangkau daerah daerah yang sulit.

4.       Segera bilas
Tujuan dari segera membilasnya adalah sabun dan kotoran yang telah luntur tidak mengering pada bagian mesin. jika kita terlambat membilas maka dapat dipastikan kotoran dan bekas bekas sabun  akan menempel.


5.       Keringkan mesin
Cara mengeringkannya dapat dilakukan dengan cara menghembuskan udara bertekanan dengan sangat hati hati, atau dilap menggunakan kain. Mengeringkan dengan menggunakan kain memerlukan waktu yang lama tetapi merupakan cara yang aman dibandingkan dengan menggunakan udara bertekanan.


6.       Start engine
Langkah kemudian yaitu melepaskan semua penutup yang tadi dipasang, kemudian lakukan start engine. Dan jika saat pertama kalimesin berputar terdengar suara berdecit di area mesin, maka jangan khawatir. Caranya matikan mesin dan cari bedak bayi kemudian taburkan bedak tadi di permukaan drivebelt (streng) kemudian start mesin lagi. Dan mesin akan bersuara normal seperti biasanya.

Nah demikianlah teman teman yang dapat saya share pada postingan saya kali ini jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.  Semoga bermanfaat dan salam sukses.

1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter