Monday, 8 May 2017

AC mobil bermasalah? Kenali penyebabnya

Posted by   on



Pada saat ac bermasalah maka kita akan bertanya tanya, apa penyebabnya. Nah pada postingan saya kali ini akan membahas seputar hal hal yang akan mempercepat kerusakan pada sistem ac. Nah ternyata kebiasaan kebiasaan yang sering kita lakukan ada yang berdampak tidak baik bagi ac mobil. 


Menyalakan AC pada saat rpm mesin tinggi

Salah satu kebiasaan yang tidak kita sadari ini ternyata berdampak kurang baik terhadap sistem  AC. Mengapa demikian? Kompresor ac membutuhkan tenaga putar dari pulley melalui drivebelt dan magneticlutch. Magneticlutch adalah kopling yang berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke kompresor atau memutuskan putaran mesin. nah pada saat putaran mesin tinggi maka putaran pada pulley kompresor ac juga tinggi dan pada saat presure plate hendak terhubung dengan puley maka yang terjadi gesekan yang berlebihan dikarenakan kondisi diam presure plate langsung diputar dengan putaran tinggi oleh pulley. Jika hal itu sering terjadi maka permukaan yang bersinggungan antara presure plate dengan puley lama kelamaan menjadi aus sehingga ikatannya tidak maksimal. Dan karena ikatannya tidak akan maksimal maka bisa jadi terjadi selip antara presureplate dengan puley, yang berakibat AC kurang dingin bahkan tidak dingin sama sekali. Sebaiknya kita menyalakan ac pada saat kendaraan berhenti atau mesin dalam keadaan stasioner.

Menyalakan ac pada saat jendela terbuka

Pada saat orang ingin merokok di mobil maka orang tersebut pasti akan membuka jendela. Membuka jendela dalam waktu yang lama tanpa mematikan ac tentu merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain membuat bbm boros ternyata kebiasaan ini juga berdampak tidak baik terhadap sistem AC. Mengapa bisa membuat bbm boros, yaitu karena udara panas dari luar kabin yang masuk akan didinginkan oleh evaporator dan kemudian setelah dingin udara tersebut kembali berhamburan di udara bebas. Akibatnya sistem pada ac akan bekerja sia sia karena mendinginkan udara panas dan membuang udara dingin ke luar. Filter ac juga berpotensi menyaring debu dan udara kotor dari luar ruangan yang masuk melalui jendela yang terbuka. Nah bagaimana jika kita hendak merokok di mobil, ya pastinya harus mematikan perangkat AC terlebih dahulu.

Menyalakan AC pada saat kabin panas

Pada saat kita mengambil kendaraan kita di parkiran yang panas, maka udara panas akan terperangkap dalam kabin dan mobil terasa menjadi heater. Nah pada saat itu kita akan tergiur untuk segera menyalakan ac untuk mendinginkan udara di kabin, akan tetapi hal tersebut merupakan hal hal yang sebaiknya dihindari. Udara yang panas akan masuk melewati evaporator dan memaksa evaporator bekerja lebih keras karena mendinginkan udara panas. Nah sebaiknya sebelum menyalakan ac mobil buka jendela terlebih dahulu untuk membuang udara panas. Selain membuang udara panas ternyata membuka jendela setelah kendaraan diparkir di tempat yang panas juga dianjurkan untuk alasan kesehatan. Yaitu membuang gas gas yang terbentuk dari material plastik atau pengharum ruangan ketika terpapar udara panas.

Nah berikut tips tips yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan pada sisem ac mobil selain cara di atas:

1.       Selalu menjaga kebersihan kabin mobil, yang akan membuat evaporator dan filter udara tidak cepat kotor.
2.       Parkir di tempat yang sejuk, hal ini untuk menghindari menyalakan ac pada saat kabin panas.
3.       Selalu cek freon dan servis ringan ac di bengkel kepercayaan anda untuk mencegah kerusakan serius.
4.       Gunakan AC dengan bijak. Jangan mengaturnya max secara terus menerus atau sering.

Nah demikian para blogger mania pembahasan mengenai penyebab penyebab ac bermasalah. Jika ada yang ingin bertannya silahkan tulis di kolom komentar . salam sukses..

1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter