Thursday, 11 May 2017

Penyebab air radiator cepat habis

Posted by   on

Halo selamat datang kembali para blogger mania bertemu  kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul  mengapa air radiator cepat berkurang. Nah bagi teman teman yang memiliki kendaraan yang mempunyai sistem pendinginan mesin tipe ini, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya air radiator atau coolant. Nah bagaimana jika air radiator berkurang? Tentunya kita akan segera menambahnya sampai ke garis full.

Jika dengan menambah air atau coolant sudah menyelesaikan masalah maka tidak akan menjadi persoalan. Akan tetapi jika kita telah menambahnya sampai ke garis full akan tetapi selang beberapa waktu pemakaian airnya cepat sekali berkurang. Memang air radiator dapat berkurang karena faktor penguapan akan tetapi tidak akan signifikan.

Akibat jika air radiator berkurang dan dibiarkan secara terus menerus maka akan merusak mesin. entah silinder head melengkung. Bahkan piston macet karena overheating. Nah apa saja penyebab air radiator cepat berkurang bahkan habis.


Tutup radiator

Komponen tutup radiator  mempunyai peranan yang sangat penting bagi sistem pendinginan air. Fungsi tutup radiator selain digunakan sebagai pintu untuk mengisi ulang cairan pendingin ternyata juga berfungsi sebagai katup untuk masuk dan keluarnya collant dari resevoir ke sistem pendingin. Tutup radiator memiliki seal berupa karet dan jika seal ini rusak maka menyebabkan air radiator yang seharusnya tertahan pada tekanan tertentu dalam sistem, mengalir keluar entah ke resevoir tank atau bahkan mengalir ke sela sela tutup radiator tersebut. Untuk mengatasi hal ini periksa kebocoran di sekitar tutup radiator apakah terdapat bekas collant yang bocor. Atau bisa juga dicek secara visual, apakah berkarat, seal sobek, atau beberapa masalah lainnya.  Untuk pengecekan yang lebih akurat dapat menggunakan radiator cup tester. Dan jika tutup radiator sudah waktunya ganti silahkan untuk segera melakukan penggantian.

Waterpump bocor

Waterpump digunakan untuk mengallirkan  cairan pendingin agar dapat bersirkulasi ke sistem pendingin. Komponen ini juga tak luput dari yang namanya kebocoran, terkadang waterpumplah yang menyebabkan air radiator cepat habis. Untuk tanda tanda waterpump mengalami kebocoran dapat dilakukan dua cara. Pertama cek secara visual di area waterpump apakah terdapat bekas air. Cara yang kedua menggunakan radiator cup tester dan dipompa. Dan amati bagian mana yang mengalami kebocoran entah pada gasketnya, atau di seal porosnya. Jika terjadi kebocoran pada gasketnya saja maka bisa jadi tidak memerlukan penggantian waterpump, melainkan hanya mengganti gasketnya saja.

Selang radiator

Selang radiator lama kelamaan akan mengalami kerusakan, semakin mengeras dan tidak elastis lagi. Jika hal ini terjadi maka dapat menyebabkan air radiator cepat habis. Selang yang biasanya terdapat kebocoran yaitu pada persambunngan atau klemnya. Ada beberapa selang yang dapat mengalami kebocoran diantaranya selang radiator lowertank, selang radiatoe bagian uppertank dan selang bypass. Jika selang ini terindikasi terjadi kebocoran maka segera lakukan penggantian.

Radiator bocor

Penyebab radiator bocor juga dapat terjadi karena usia, yang menyebabkan keropos dan menyebabkan kebocoran. Untuk mengatasi hal ini segera ganti radiator atau perbaiki dengan cara korok radiator.

Cooling fan

Penyebab lain yaitu pada cooling fan yang lemah atau bahkan mati. Komponen ini digunakan untuk menghembuskan udara ke kisi kisi radiator untuk melakukan pendinginan. Jika cooling fan mengalami kerusakan maka yang terjadi air radiator cepat panas dan mengakibatkan penguapan yang berlebihan. Cooling fan mempunyai biasanya menggunakan tipe fluida atau menggunakan tipe elektrik. Untuk yang tipe menggunakan fluida bisa diperbaiki dengan menyuntikkan fluida baru. Atau melakukan penggantian. Untuk kipas radiator elektrik bisa diperbaki dengan cara baca cara memperbaiki kipas radiator elektrik yang mati.

Gasket silinder head

Gasket silinder head berfungsi untuk memisahkan 3 hal diantaranya ruang bakar mesin, water jaket, dan oli. Jika gasket mengalami kebocoran maka yang terjadi cairan pendingin bisa masuk ke ruang bakar atau sebalikknya. Sebaiknya lakukan penggantian gasket silinder head di bengkel terpercaya.

Nah demikian beberapa penyebab air radiator cepat berkurang atau bahkan habis. Pada intinya mencegah kerusakan sejak dini akan membuat awet kendaraan anda.  Jika ada hal yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan salam sukses

1 comment:
Write komentar
  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter