Saturday, 17 June 2017

Perhatikan Beberapa Hal ini sebelum Spooring

Posted by   on



Fwa atau yang lebih dikenal dengan nama front whell alighment yaitu adalah kegiatan penyetelan camber, caster, toe  roda depan untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Nah mengapa kita harus melakukan spooring? Fungsi spooring diantaranya adalah kenyamanan pengemudian dan keawetan ban. Gejala atau penyebab kendaraan perlu dilakukan spooring diantaranya setir narik ke kanan atau ke kiri, stir miring, ban depan mengalami keausan yang tidak merata dan lain sebagainya. Hal hal yang harus dilakukan spooring yaitu misalnya mobil habis nabrak, atau setelah penggantian tierod , rackend atau balljoint.

Nah ternyata ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita melakukan spooring di bengkel kepercayaan kita:


Kondisi kaki kaki

Kondisi kaki kaki yang harus di perhatikan diantaranya upper balljoint, lower baljoint, rackend,  bearing roda, dan tierod. Jika salah satu diantara komponen tersebut mengalami kekocakan atau keausan maka sebaiknya menggantinya terlebih dahulu sebelum melakukan spooring. Jika hal  tersebut tetap dibiarkan, maka saat spooring hasilnya tidak akan maksimal dan  hanya akan membuang mbuang uang.

Kondisi rem

Kondisi rem yang macet juga dapat mempengaruhihasil spooring. Pada saat melakukan penyetelan maka rem akan ditahan menggunakan brakepusher, ini bertujuan untuk mengunci semua roda agar tidak berputar pada saat dilakukan stell spooring. Nah jika salah satu rem mengalami masalah dan ban berputar pada saat dilakukan stell spooring maka hasilnyapun juga menjadi tidak optimal. Kondisi kaliper rem atau sliding rem yang macet juga bisa menyebabkan spooring menjadi sia sia,  contoh misalnya rem pada bagian bepan kanan mengalami kemacetan pada piston kalipernya sehingga ban depan kanan seret ketika diputar, hal ini juga bisa menyebabkan mobil atau kendaraan cenderung untuk menarik ke kanan, karena bagian kanan kendaraan seperti ada yang menahan.

Tekanan ban

Tekanan ban memang suatu hal yang wajib diperiksa sebelum melakukan stell spooring, pastikan bahwa tekanan ban antara roda kanan dan kiri seimbang. Penggunaan ban juga dianjurkan untuk menggunakan ban yang tipenya sama. Jika kita menggunakan ban berbeda merk maka hasil spooring tidak akan maksimal. Hal ini disebabkan karena semua merk ban mengalami karakteristik sendiri sendiri.

Pastikan tidak membawa beban berlebih di dalam kendaraan

Contoh dari hal ini yaitu subwover, di sebagian mobil yang memiliki subwover dengan ukuran besar dan berat akan menyebabkan tinggi mobil antara kanan dan kiri menjadi tidak seimbang, apalagi jika subwovernya berat dan ditaruh di pinggir dan sering dipindah pindah. Tentunya pada saat kendaraan dispooring makaa hasilnya akan cendeung kurang maksimal.


Nah demikian beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan spooring, semoga bermanfaat dan salam sukses

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter