Monday, 14 August 2017

7 Penyebab Bunyi Abnormal di Mobil

Posted by   on


Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan kali ini yang berjudul tentang bunyi abnormal yang terdengar di dalam kabin mobil. Di sekolah dasar kita pernah mempelajari bahwa sumber bunyi adalah getaran, nah pada kendaraan khususnya mobil tidak akan luput dari yang namanya getaran. Nah bagaimana kita mengatasi sebuah getaran yang terdapat di mobil sehingga tidak menimbulkan bunyi yang membuat kita tidak nyaman saat berkendara, bahkan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. 


Bagaimana cara mengatasi suara berdecit pada mobil, bunyi dengung pada mobil, mesin mobil bunyi nging, mesin mobil bunyi saat digas, bunyi gluduk-gluduk, cit-cit atau krengket-krengket. Nah kita akan bahas satu persatu. Berikut merupakan sumber bunyi abnormal yang sering terjadi pada kendaraan anda.


1.       Jog atau tempat duduk

Nah kursi yang ditanamkan pada kabin ini bisa menjadi sumber bunyi, bagaimana hal tersebut menjadi bunyi?. Jog yang sering diduduki lama kelamaan bautnya menjadi kendur, sehingga saat jog tidak ada beban jog ini malah bergetar getar saat mobil melaju di jalan yang kurang rata. Dan akhirnya timbul bunyi gludak gludak. Cara mengatasi caranya yaitu ambil kunci ring atau shok yang berukuran 12 dan 14 kemudian kencangkan semua baut yang terdapat di masing-masing kaki jog. Dan kemudian testdrive di jalan yang kurang rata kemudian dengarkan apakah bunyinya sudah hilang.


2.       Emergency tool

Peralatan seperti dongkrak, kunci roda dan kunci ban serep terkadang dapat menimbulkan suara. Nah bagaimana tipsnya? Di tempat kunci kunci tersebut biasanya terdapat dudukan, nah sebaiknya kita paskan dudukan kemudian kencangkan dengan cara mengaitkan tali karet yang tersedia.


3.       Karet bushing aus

Karet karet peredam yang terpasang pada kaki kaki mobil lama kelamaan juga akan mengalami keausan dan setelah aus akan menyebabkan bunyi abnormal ketika mobil berjalan di medan yang kurang rata. Bushing yang memungkinkan menjadi penyebab bunyi bunyi diantaranya : bushing lateral, bushing stabilizer, bushing anting pegas daun, bushing shock absorber, bushing upper atau lower arm, bushing strutbar, dan bushing bushing lainnya. Bunyi yang diberbeda beda akan tetapi biasanya bunyinya gludak gludak.


4.       Laker roda

Laker roda yang sudah aus juga bias ditandai dengan timbulnya suara mendengung di area roda pada saat mobil berjalan dengan kecepatan kurang lebih 80 km/jam. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan cara melakukan penggantian bearing di bengkel terpercaya, atau jika masih memungkinkan untuk distel (untuk tipe bearing yang dapat distel) maka bisa mencoba untuk melakukan penyetelan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian.


5.       Mesin

Di area bawah kap mesin sering timbul bunyi bunyian. Bunyi bunyian ini bersumber diantaranya dari: idle bearing biasanya saat digas atau idle menimbulkan bunyi kasar, drivebelt yang biasanya bunyi berdecit cara mengatasinya dengan cara menaburkan bedak bayi di drivebeltnya, engine mounting, atau bahkan bunyi mesin itu sendiri yang semakin kasar karena tidak mengganti oli secara rutin. Untuk pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan di bengkel kepercayaan anda untuk mendapatkan pelayanan yang optimal. untuk bunyi nging pada mesin bisa disebabkan karena idle bearing, atau suara turbo. kalau suara jeduk saat pindah transmisi, pada saat mesin digas, atau pada saat pertama menghidupkan/mematiakan mesin bisa di sebabkan oleh engine mounting yang putus, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terdapat penyenbab lain. dan sebaiknya hal itu diserahkan saja di bengkel kepercayaan anda.


6.       Backdoor

Pintu mobil yang di belakang juga bisa menyebabkan bunyi bunyian seperti gludak gludak. Cara mengatasinya yaitu dengan cara menyetelnya, caranya dengan cara mengendorkan baut 10 yang terdapat pada besi pengait kunci pintu. Kemudian dorong besi pengait kearah dalam kemudian kencangkan kembali baut 10nya. Kemudian coba buka tutup backdoor dan coba apakah bunyi hilang atau belum.


7.       Kap mesin

Cara mengeceknya yaitu dengan cara : pada saat kap mesin terkunci coba tarik ke atas dan kebawah kap mesinnya melalui celan sempit di atas lampu kepala, jika kap mesin bisa bergerak ke atas dan kebawah dan terdapat kekocakan maka sebaiknya lakukan penyetelan. Cara menyetelnya cukup mudah yaitu dengan cara membuka kap mesin kemudian cari karet yang menopang kap mesin ( biasanya terdapat di kanan dan kiri) nah setelah menemukan karet tersebut maka putarlah karet itu ke kiri sebanyak 1 atau dua putaran. Kemudian tutup kembali kap mesin dan coba goyangkan kap mesin pada saat tertutup rapat jika sudah tidak terdapat kekocakan maka penyetelan telah berhasil, akan tetapi jika masih kocak maka bisa menambah jumlah putaran ke kiri karetnya dan apabila masih terdapat kekocakan bisa diatasi dengan mengganjalnya menggunakan karet ban yang di beri lem kemudian ditempelkan di karet kap yang bersinggungan dengan karet penopangnya.




Nah demikian beberapa penyebab bunyi abnormal yang terdapat kendaraan anda khususnya mobil. Semoga tips tips di atas dapat bermanfaat bagi temen temen semuanya. Jika ada pertanyaan atau tips tambahan yang teman teman temukan silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Salam suksess

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter