Saturday, 5 August 2017

Cara memperbaiki foglamp yang mati

Posted by   on


  Selamat datang kembali para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki foglamp.

Foglamp adalah salah satu lampu pada kendaraan khususnya mobil yang berfungsi untuk menembus kabut pada saat hujan. Sebuah komponen elektronik memang tak akan luput dari yang namanya kerusakan, entah itu kerusakan yang disebabkan oleh faktor internal atau kerusakan yang disebabkan karena faktor eksternal. Contoh kerusakan yang timbul karena faktor internal contohnya yaitu misalnya bohlam putus, socket kendor dan lain sebagainya. Kemudian contoh berikutnya yang merupakan faktor eksternal di antaranya yaitu mengoperasikan foglamp secara terus menerus, menyalakan foglamp pada saat tidak terjadi kabut dan lain sebagainya. Bahkan ada yang menyalah gunakan foglamp sebagai pengganti lampu utama



 Oke mari kembali ke pokok pembahasan tentang cara memperbaiki foglamp yang mati.


Cek secara visual

Caranya yaitu hidupkan lampu fog seperti biasanya. Dan amatilah nyala lampu apakah mati sebelah ataukah mati sebelah. Jika mati sebelah maka langsung saja periksa lampu yang mati dengan cara membukanya dari belakang. Jika mati kedua duanya cara meyakinkan bahwa yang mati adalah kedua lampu tersebut yaitu dengan cara: pada saat kita on kan lampu pastikan bahwa indikator nyala foglamp menyala di dashboard. Jika indikator menyala maka bisa dilanjutkan pemeriksaan kedua lampunya. Akan tetapi jika indikator nyala foglamp tidak nyala maka harus diperiksa switch atau wiringnya dari baterai. Untuk kasus bohlam gosong atau reflektor leleh bisa jadi karena penggunaan yang kurang tepat, seperti yang saya bahas di atas tadi.


Cek wiring

Cara mengecek wiring bisa dimulai dari kotak sekering atau fuse box, kemudian cari relay foglamp nya. Kemudian coba  cabut relaynya dan jumper terminal 30 dan 87 nya. Seharusnya ketika dijumper menggunakan kabel lampu foglamp menyala ( kecuali jika sudah dipastikan kalau lampunya benar benar putus). Selanjutnya lakukan pengecekan tegangan di socket lampu foglampnya menggunakan testlamp apakah tegangannya sampai atau tidak. Jika arus sampai maka bisa dipastikan perkabelan, sekering atau wiring dari relay ke masing masing lampu normal. Akan tetapi jika hasilnya sebaliknya maka harus dilakukan pengecekan kembali kabel yang menghubungkan antara relay ke masing masing lampu.
Jika langkah tadi mendapati bahwa wiring dari relay ke masing masing lampu tidak terdapat masalah, maka bisa lanjut ke langkah selanjutnya.


Cek switch

Cara mengecek switch terbilang mudah. Caranya siapkan testlamp dan colokkan ke terminal 85 dan 86 di socket relay foglamp. Syaratnya hidupkan lampu kota dan foglamp on. Jika testlamp menyala maka bisa dipastikan switch  bekerja dengan baik. Akan tetapi jika testlamp tidak menyala maka harus dicek switchnya apakah terbakar maupun leleh.


Periksa relay

Pada saat menjumper terminal 30 dan 87 ternyata normal ( lampu foglamp menyala). Dan pada saat memeriksa arus 85 dan 86 testlamp menyala kemungkinan relay bermasalah. Jika terdapat relai sama dalam satu kotak sekering maka bisa saja ditukar sebentar untuk memeriksa apakah relaynya benar benar mati. Akan tetapi jangan menggunakan relay lampu kota.


Periksa fuse

Fuse atau sekering yang putus menandakan bahwa terjadi hubungan pendek atau short. Jika sekering telah diganti menggunakan fuse yang spesifikasinya sesuai standard akan tetapi sering putus, coba periksa perkabelan yang mengarah ke beban. Apakah terdapat short atau tidak. Kemudian jika masih sering putus bisa jadi lampunya telah diganti menggunakan lampu yang dayanya melebihi spesifikasi, sehingga bebannya berlebih dan menyebabkan sekering sering putus. Bahkan bohlam yang memiliki daya besar cenderung memiliki suhu yang panas, sehingga bisa menyebabkan reflektor meleleh.


Nah demikian beberapa tips untuk cara memperbaiki foglamp yang mati semoga dapat membantu. Jika ada yang kurang jelas dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Salam sukses

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter