Saturday, 5 August 2017

Tips Memilih Mobil ex Taxi Sebelum Membelinya

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul tips memilih mobil bekas taksi. Di Indonesia mobil bekas masih banyak diminati oleh kalangan menengah ke bawah hingga kalangan menengah ke atas. Penyebabnya yaitu harganya lebih murah dan tentunya dengan konsekuensi tidak bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi dikarenakan image mobil taksi yang kurang baik. Mengapa disebut demikian yaitu karena km atau jarak tempuhnya cukup jauh walaupun tahunnya belum terlampau lama. Akan tetapi dalam artikel kita kali ini semoga dapat memberikan informasi atau bahkan tips bagaimana cara membeli mobil bekas ex taksi.


Nah berikut adalah tips untuk memilih mobil bekas taksi


1.       Jangan terpengaruh jarak tempuh

Mengapa jarak tempuh jangan diperhatikan saat membeli mobil ex taxi. Yaitu karena biasanya odo meter yang terdapat di mobil tersebut sudah di reset guna mengelabuhi calon pembeli. tapi kita juga tidak bisa menuduh sembarangan toko atau penjual, yang penting kita selalu berjaga jaga jaga dan tidak mudah tergiur dengan unit kendaraan yang memiliki jarak tempuh rendah. Yang harus diperhatikan adalah suara mesin dan kondisi fisiknya.


2.       Testdrive

Untuk merasakan bagaimana mengemudikan mobil yang menjadi calon untuk kita beli. Pada saat testdrive apa yang harus kita perhatikan?. Yang pertama yaitu rasakan mobil seperti biasanya seputar setir kemudian handlingnya apakah mobil Terasa  narik atau setirnya miring. Perhatikan juga hentakan kendaraan pada saat melewati polisi tidur atau jalan yang kurang rata.


3.       Cek komponen

Di mobil taxi terdapat beberapa fungsi yang dihilangkan seperti powerwindow dan lain sebagainya. Kemudian jog jognya apakah sobek dan sudah keras. Dan pertimbangkan juga berapa harga untuk merenovasi jog di bengkel.

4.       Periksa mesin


Cara memeriksanya cukup mudah bahkan orang yang masih awampun bisa untuk Mengecek mesin dengan cara. Memeriksa bunyi bunyi yang Terdapat pada mesin saat idle maupun di gas. Dan tentunya bunyi bunyi abnormal akan terdengar saat mesin idle. Kemudian pemeriksaan selanjutnya yaitu tentang bocor bocor oli. Caranya hanya dengan menggunakan senter kemudian soroti bagian bagian yang memungkinkan untuk terjadi rembesan oli. Bagian bagian tersebut diantaranya seal covervalve, seal cover timming . Seal puley dan sebagainya.


5.       Periksa kaki kaki

Cara memeriksa kaki kaki tebilang cukup mudah. Yaitu dengan cara mengambil dongkrak bawaan dan mendongkrak satu persatu rodanya secara bergantian. Cara pengecekannya yaitu goyangkan roda pada saat roda terangkat dan mengambang di tanah. Goyangkan ke kanan dan kiri kemudian goyangkan juga ke atas dan ke bawah. Dan pastikan tidak terdapat kekocakan. Selanjutnya putar roda dan pastikan putarannya halus dan ketika di putar dan di pegang pada bagian shoknya tidak bergetar. Jika bergetar maka kemungkinan laker rodanya sudah waktunya ganti. Kalau roda terasa seret bisa jadi kaliper remnya macet, entah slidingnya apakah piston di kalipernya sendiri. Pertimbangkan hal tersebut untuk melakukan deal dengan penjual.


6.       Cek kampas kampas

Pengecekan kampas rem ataukah kampas kopling wajib dilakukan saat akan membeli mobil bekas taksi. Hal ini dikarenakan tingkat penggunaan kendaraan taxi yang terbilang frekuensinya banyak tiap harinya. Cara pemeriksaannya sebagai berikut. Untuk kampas kopling bisa dilihat dari karet release silinder, jika karet masih mengembang kemungkinan besar kampas kopling masih tebal. Akan tetapi jika sebaliknya yaitu karetnya mengempis dan pedal kopling terasa tinggi dan berat (biasanya dibarengi dengan selip) kemungkinan kampas koplingnya sudah saatnya dilakukan penggantian. Kemudian cara memeriksa kampas rem yaitu dengan cara dilihat secara visual saja. Dengan cara membuka roda. Jika memungkinkan untuk dilihat dari sela sela velg maka tidak perlu membuka roda. Nah demikian cara melakukan pemeriksaan terkait kampas kampas. Untuk itu kita harus cermat dalam menghitung biaya yang dibutuhkan untuk mengganti komponen tersebut supaya kita tidak rugi.


7.       Cat

Sebaiknya periksa cat dan tanyakan pada penjual apakah mobil pernah nabrak. Jika kurang percaya dengan si penjual anda bisa cek sendiri secara visual. Cat yang baik sebaiknya masih ori pabrik dan belum dempulan.




Nah demikianlah postingan saya kali ini yang berjudul tips memilih mobil bekas ex taxi. Jika ada yang kurang mohon dimaafkan. Dan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar. Sekian dulu dan salam sukses.

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter