Sunday, 17 September 2017

Cara Mengganti Boot Driveshaft Dengan Mudah

Posted by   on

Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara mengganti boot driveshaft. Boot driveshaft merupakan benda yang terbuat dari karet yang memiliki ke elastisan tinggi. Yang berguna untuk melindungi CV joint. Disamping untuk melindungi CV joint. karet ini berfungsi untuk mencegah vet berhamburan keluar karena gaya sentrifugal.

 Bagaimana jika karet boot ini sobek atau berlubang?.
Yang terjadi ialah kerikil atau serpihan batu dapat masuk ke dalam cv joint yang menyebabkan keausan tidak wajar dan kerusakan yang lumayan parah. Kemungkinan lain yang bisa terjadi ialah keluarnya pelumas yang berupa vet yang
mengakibatkan komponen- komponen cv joint tidak mendapatkan pelumasan, dan yang terjadi cv joint menjadi aus dan akan rusak.


Bagaimana cara mengganti boot driveshaft? 

Oke langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan seperti

1. Kunci roda
2. Dongkrak
3. Kunci ring 14 ( tergantung ukuran baut kaliper)
4. Kunci shok 19 ( tergantung ukuran baut shok depan)
5. Bahan - bahan seperti karet boot baru, vet, bensin, kabel ties, dan lain lain.


Langkah perbaikannya adalah sebagai berikut:

1. Pertama kendurkan mur roda dengan menggunaka  kunci roda. Mur roda yang di kendurkan cukup roda yang karet boot drive shaftnya ingin diganti.

2. Dongkraklah body kendaraan dengan hati - hati pada posisi yang sudah dianjurkan oleh pabrik pembuat. Untuk keamanan bisa menambahkan jack stand untuk penopangnya.

3. Lepas roda dan taruh di bawah kendaraan

4. Kendurkan dan lepas baut kaliper kemudian gantunglah kaliper menggunakan kawat pada per shok. Agar tidak mengganggu kita pada saat melepas tripod jointnya.
Lepas juga 2 baut shock yang mengait knuckle

5. Tarik keluar as roda keluar agar tripod joint terlepas dari rumahnya. Untuk tips belokkan stir agar rack end bergerak keluar sehingga saat menarik as roda kita mendapat ruang.


6. Lepas tripod joint dengan as roda dengan menggunakan obeng pipih. Caranya cukup dengan mencongkenya saja dan menarik keluar tripod jointnya.

7. Setelah itu tarik keluar kedua boot drive shaft. Dengan catatan pengait luar boot driveshaft telah di lepas.
Setelah keluar bersihkan vet lama dengan mencucinya menggunakan bensin sambil memutar mutar as rodanya sehingga kotoran dan vet lama benar benar bersih.

8. Pasang karet boot driveshaft lhar dan dalam sekaligus tapi jangan ditutup dulu. Biarkan terbuka untuk mengisikan vet yang  baru. Pasang juga tripod jointnya dan kancingkan dengan snap ring.

9. Isi pelumas sesuai anjuran pabrik kemudian tutupkan boot driveshaft luar ke tempatnya dan ikat menggunakan kalbe ties atau plat pengikat.
Untuk yang bagian dalam beri vet terlebih dahulu dan kemudian masukkan ke rumah tripodnya, pasang baut shock untuk menahan posisi as roda. Setelah itu baru karet boot bagian dalam bisa ditambah vet dan diikat.
Setelah semuanya beres tinggal pasang kaliper dan mengencangkan baut shock. Kemudian pasang roda.

10. Turunkan kendaraan dan kencangkan mur roda dengan momen spesifikasi.



Nah demikian para blogger mania pembahasan tentang cara mengganti karet boot driveshaft yang bisa saya share. Bila ada yang ingin menambah atau memberi saran lain bisa tulis di kolom komen. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan juga di kolom komentar. Oke sekian dulu semoga bermanfaat dan salam sukses.

1 comment:
Write komentar
  1. Looking for the Genuine Experience Certificate with 100% Complete Verification So Contact Experienced Letter Solutions Consulting Firms Which Provide Experienced Letter with100 % Guaranteed. Contact Now- 9599119376. Or Visit Website- https://experincedletter.blogspot.com/



    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter