Thursday, 28 September 2017

Speaker Mobil Bunyi Ngeter, Kenali Penyebabnya

Posted by   on


Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki speaker mobil bunyi ngeter. Nah bagi temen temen yang merasakan hal ini di mobil mungkin akan merasa sedikit agak jengkel karena suara yang harusnya jernih malah menjadi kacau tidak karuan.


Yang pertama kali kita lakukan adalah mengecek sumber permasalahan suara abnormal pada speaker tersebut. Caranya
putar sebuah audio berupa mp3 atau dvd yang menimbulkan suara tersebut berbunyi di speaker. Setelah suara tersebut bunyi selanjutnya kita mencari speaker mana yang menimbulkan bunyi ngeter tersebut. Jika kita kesulitan untuk mengidentifikasi speaker mana yang bermasalah, temen temen bisa memainkan balance di head unit dan coba hidupkan speaker satu per satu kemudian dengarkan pada saat di speaker mana bunyi tersebut timbul. Apakah di depan kanan, belakang kiri, belakang kanan, depan kiri atau bahkan subwover tambahan.


Bagaimana jika kita sudah menemukan speaker yang bermasalah?. Langkah selanjutnya adalah membongkarnya dan berikut merupakan penyebab, gejala yang timbul dan cara mengatasinya tentunya.


1. Speaker kendur

Nah penyebab bunyi ngeter yang satu ini biasanya timbul saat nada bass muncul. Cara memperbaikinya tinggal mengencangkan kembali sekrup yang kendur. Bagaimana jika sekrup tidak bau kencang atau slek?. Caranya yaitu dengan mengganti sekrup dengan ukuran yang sedikit lebih besar. Atau mengganjalnya menggunakan kertas. Jika masalah sekrup sudah kencang maka k3mungkinan masalah sudah terselesaikan.


2. Speaker rusak

Gejala speaker rusak bisa timbul suara krotok krotok. Di dalam speaker akan berbunyi abnormal saat volume sedikit keras dan nada bass timbul. Solusi untuk hal ini yaitu menggantinya dengan speaker yang baru, akan tetapi jika ingin memperbaikinya sendiri bisa baca " cara memperbaiki speaker yang rusak". Dan setelah itu kemungkinan besar masalah suara abnormal pada speaker akan sembuh.


3. Socket kendur

Masalah yang satu ini biasanya timbul gejala speaker menyala dan  mati sendiri tanpa sebab. Socket kabel speaker yang kotor atau kendur bisa menjadi salah satu penyebabnya. Cara memperbaikinya cukup mudah yaitu tinggal melepas socket dan membersihkannya kemudian memasangnya kembali. Apabila kendur bisa di kencangkan dengan cara memipihkan konektor femalenya. Socket yang harus diperiksa yaitu socket yang terhubung dengan speaker maupun socket yang terhubung ke head unit.


4. Head unit rusak

Speaker bunyi abnormal juga bisa disebabkan oleh head unit yang sudah rusak. Akan tetapi hal ini sangat jarang terjadi. Jika kerusakan di head unit kemungkinan tidak timbul suara sama sekali. Jika head unit ini rusak maka harus direparasi di teknisi audio. Atau bisa diganti menggunakan head unit baru.


Nah demikian postingan saya kali ini yang berjudul speaker mobil bunyi ngeter. Bagi temen temen yang mempunyai saran atau tips tambahan bisa dishare di kolom komentar ya. Sekian dan semoga bermanfaat. Salam sukses.


2 comments:
Write komentar
  1. Kalau mobil tidak dipasang speaker tetapi masih terdapat bunyi ngeter, terus gimana gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicari dulu gan bagian apa yang ngeter , kemudian diperbaiki. karena setiap part yang rusak sangat berbeda beda cara memperbaikinya

      Delete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter