Thursday, 5 October 2017

Cara Memperbaiki Central Lock Sendiri Dengan Mudah

Posted by   on



Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki central lock. Secara umum central lock adalah sistem penguncian pintu pada mobil. Yang mana cara kerjanya jika pintu depan kanan atau master dimainkan kunciannya maka pintu lain akan mengikuti pintu master.


Bagaimana jika central lock bermasalah bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih jauhnya simak terus artikel ini ya. Oya temen temen masalah pada central lock yang sering kita temui yaitu misalnya salah satu pintu tidak mau mengunci atau membuka. Setiap masalah pasti ada solusinya bukan begitu? Hehe. Oke langsung saja ke pokok pembahasan yaitu bagaimana cara memperbaiki central lock. Nah berikut merupakan masalah yang timbul pada central lock dan cara mengatasinya.



1. Tidak bisa lock unlock lewat kunci manual

Masalah ini bisa timbul ketika kita hendak mengunci pintu dari luar menggunakan anak kunci akan tetapi semua pintu atau sebagian pintu tidak mau terkunci. Penyebabnya bisa jadi switch yang mendeteksi putaran kunci rusak. Karena komponen ini cenderung langka untuk mobil mobil tua. Switch yang rusak sebenarnya bisa diperbaiki dengan cara membukanya
kemudian mengamplas plat kontak lalu membersihkannya sampai benar benar bersih kemudian rakit kembali.
Kemudian periksa juga karet boot switch yang melekat pastikan tidak sobek atau terkelupas. Jika ada yang sobek atau terkelupas maka bisa diakali dengan cara menggantinya dengan plastik kemasan.
Akan tetapi jika pintu yang dibuka itu juga tidak bisa terbuka maka kemungkinan besar link yang menghubungkan dari anak kunci ke sistem mekanisme door lock mengalami masalah, misalnya terlepas atau bahkan putus. Sebaiknya periksa secara teliti bagian bagian yang berpotensi mengalami kerusakan.


2. Tuas lock unlock seret atau macet

Hal ini biasa terjadi pada mobil mobil yang terbilang usianya cukup tua. Dikarenakan usia mobil yang sudah berumur maka komponen sistem door lock bisa mengalami masalah. Masalah yang biasa terjadi ialah mekanisme doorlock berkarat.
Timbulnya karat ini disebabkan karena air hujan atau air cucian yang masuk melalui kaca jendela. Air yang terus menggerus lapisan vet atau pelumas pada mekanisme door lock membuat vet lama kelamaan habis dan mekanisme doorlock berkarat kemudian menyebabkan macet. Solusinya ialah membersihkannya menggunakan bensin sampai benar benar bersih kemudian beri vet atau pelumas baru ke mekanisme door lock.


3. Salah satu pintu tidak bisa lock unlock

Misalnya pintu sebelah kanan belakang tidak mau lock unlock maka kita selidiki terlebih dahulu penyebabnya. Caranya kita coba buka tutup menggunakan tuas secara manual. Jika semua normal maka dilanjut ke langkah selanjutnya. Akan tetapi jika mendapati tuas lock unlock seret atau mecet bisa jadi itu penyebab masalahnya. Cara memperbaikinya yaitu dengan cara memberi pelumas atau vet. Langkah selanjutnya yaitu periksa solenoid atau yang sering disebut motor door lock. Cara pemeriksaannya cukup mudah yaitu dengan cara melepas socket yang terhubung ke actuator kemudian mengukur tegangan yang dari modul central lock, caranya sambung multimeter atau test lamp ke socket actuator door lock kemudian mainkan switch lock unlock pada master dan amati multimeter atau testlamp, jika normal maka saat switch lock unlock ditekan maka testlamp akan menyala sebentar. Jika seperti itu maka bisa dikatakan modul normal. Kemudian kita beralih ke actuatornya, cara mengetesnya cukup menggunakan batrey dan kabel secukupnya kemudian sambungkan socket actuator door lock menggunakan 2 kabel tambahan lalu sambungkan ke sumber daya batrey sebentar saja dan pastikan solenoid atau actuator doorlocknya bergerak dan jika polaritas kabel dibalik maka actuatornya harus bergerak berlawanan dari yang tadi. Jika solenoid bergerak normal maka tidak perlu melakukan penggantian. Akan tetapi jika salah satu metode di atas terdapat kejanggalan atau perbedaan misalnya pada saat menghubungkan  ke arus listrik actuator door lock tidak bergerak sedikitpun, maka bisa jadi actuator door lock harus dilakukan penggantian.


Demikian postingan sederhana kali ini jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. Sekian dulu teman teman semoga bisa bermanfaat. Salam sukses


No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter