Sunday, 1 October 2017

Cara Memperbaiki Power Window Sendiri Dengan Mudah

Posted by   on


Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara memperbaiki power window sendiri dengan mudah. Power window pada sebuah kendaraan memang bisa dibilang penting. Bagaimana tidak pada saat ingin membuka kaca pada saat diperlukan dan menutup pada saat yang diinginkan, misalnya pada saat hujan atau hendak memarkir mobil.


Nah bagaimana jadinya jika power window mobil mengalami kendala? Tentunya membuat repot bukan? Pada saat ingin membuka kaca ternyata power window macet, atau pada saat turun hujan dan ingin menutup jendela akan tetapi tidak bisa naik, tentunya hal tersebut membuat jengkel dan repot.




Untuk masalah power window atau kaca mobil tidak bisa naik turun, seret, bunyi, atau tidak bisa menutup penuh ternyata dapat diperbaiki dengan mudah tanpa harus pergi ke bengkel. Untuk ongkos yang diperlukan untuk memperbaiki  power window sendiri terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan membawanya ke bengkel power window.


Oke langsung saja ke pokok pembahasan teman teman. Pada intinya kita harus bersabar dan telaten adar hasil kerja kita nantinya dapat maksimal. Oke pertama kali kita siapkan peralatan dan bahannya terlebih dahulu. Peralatan yang digunakan untuk membuka power window biasanya menggunakan obeng plus dan kunci shok 10. Untuk bahannya yaitu bensin dan vet baru yang bisa dibeli di bengkel- bengkel pinggir jalan.
Dan langkah langkahnya sebagai berikut.


1. buka doortrim

Langah pertama kali yang harus dilakukan ialah membuka doortrim. Lepas dulu tuas lock/unlock dengan cara memutarnya ke arah mengendurkan. Kemudian baru membuka doortrim dan cara membukanya cukup mudah yaitu tinggal kendurkan sekrup penguncinya. Biasanya sekrupnya disembunyikan di balik handle pintu dalam atau di balik switch power window. Untuk itu kita harus melepas switch power window dan socketnya dengan cara membuka menggunakan obeng plus dan menariknya ke atas dengan hati hati. Setelah terlihat sekrup pengunci doortrim maka bisa langsung membukanya menggunakan obeng plus. Setelah yakin bahwa semua sekrup telah terlepas tarik dortrim dengan sedikit hentakan dan doortrim akan terlepas. Simpan doortrim di tempat yang aman.


2. lepas kaca

Untuk melepaskan kaca langkah pertama yang harus dilakukan ialah menancapkan kembali switch power window dan kunci kontak on lalu  atur tinggi kaca agar baut kaca tepat berada di tengah tengah lubang yang disediakan di balik doortrim. Setelah tepat maka kendurkan  ke dua baut kaca  dengan hati hati, ingat serambi mengendurkan baut kaca kita harus memegang kacanya agar tidak terjatuh pada saat baut terlepas. Setelah kedua baut terlepas angkat kaca dengan hati hati.


3. lepas mekanik PW

Cara melepasnya yaitu tinggal mengendurkan baut ukuran 10 yang menempel di pintu dan melepaskannya. Jangan lupa juga untuk melepas socket motor power windownya.


4. lepas run kaca

Untuk langkah yang satu ini tidak wajib dilakukan jika run kaca masih baru, atau run kaca tidak menampakkan gejala seret, sobek atau kotor. Akan tetapi jika sudah sobek atau kotor kita harus melepasnya  untuk melakukan penggantian atau membersihkannya dengan cara mencucinya.
untuk cara mencucinya sendiri yaitu cukup rendam dalam air kemudian sikat menggunakan sikat gigi bekas dan tambahkan sabun colek untuk hasil yang lebih bersih.
setelah dicuci bersih atau diganti baru sebelum memasang alangkah baiknya kita lumasi sela selanya menggunakan cairan yang licin tetapi tidak merusak karet. Kalau saya pake bahan sejenis semir ban.
Setelah dilumasi pasang kembali run kaca dari pojok dengan rapi.


5. periksa mekanik dan motornya

Pertama tama kita periksa kelengkapan komponen dan kondisinya apakah lengkap atau terdapat part yang memerlukan penggantian. Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan mekanik dari sisa vet lama atau kotoran kotoran lainnya menggunakan bensin. Untuk motornya jangan sampe terkena bensin ya teman teman.  Cara memeriksa motornya bisa dilakukan dengan menjumper secara langsung socket motornya ke batrey. Kemudian balik polaritasnya dan jika motor masih normal putaran motor harus berbalik putaranya juga dengan halus. Untuk motor yang sudah lemah bisa langsung diganti saja.


6. lumasi mekanik      
     
Setelah dibersihkan kita siapkan vet baru untuk melumasi mekanik.
Bagian yang harus dilumasi yaitu bagian engsel/ titik tumpu, rail, per dan roler rodanya.




7. pasang kaca

Pertama pasang dulu mekaniknya dan kencangkan bautnya. Kemudian pasang kaca dan beri baut dan kencangkan kemudian coba pasang switch power window dan mainkan naik turunnya apakah sudah normal. Jika kaca tidak kuat naik atau turun setelah semua terlumasi maka bisa jadi motor power windownya sudah lemah dan perlu penggantian. Oya teman teman sebelum memvonis motornya lemah pastikan juga ya kalo socket motornya kencang dan bersih. Soalnya putaran motor yang lemah bisa jadi disebabkan karena arus yang kurang untuk mensuplay ke motor. Yang disebabkan karena socket kendur atau kotor.


8. setelah semua normal pasang kembali doortrim dan  pasang sekrup dengan kencang.


Nah demikian teman teman tips kali ini tentang cara memperbaiki power window sendiri dengan mudah. Jika ada hal yang ingin ditambahkan atau ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Oke sekian dulu temen temen semoga bermanfaat dan salam suksess.

                                                                                                                                              

6 comments:
Write komentar
  1. pernya itu ada jual dimana ya,mohon infonya

    ReplyDelete
  2. Klo kaca nya g' bisa turun gmn buka kacanya gan, terima ksh ats penjelasanya

    ReplyDelete
  3. Hallo gan motornya di jumper ke batre kok malah keluar asap

    ReplyDelete
  4. Hallo gan motornya di jumper ke batre kok malah keluar asap

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena railnya ada yang macet, jadi motor tidak kuat menggerakkan rail sehingga kumparannya terbakar. untuk solusiya lepas motor kemudian pastikan tidak ada yang macet di bagian mekanismenya. semoga bermanfaat

      Delete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter