Sunday, 15 October 2017

Cara Menambah AUX Pada Tape Mobil

Posted by   on


Selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara menambah aux pada tape mobil jadul.
Penambahan aux pada saat ini bisa dibilang trend mobil mobil baru, bagaimana tidak, port audio input yang satu ini mempunyai fungsi yang sangat penting  yaitu sebagai perantara untuk mengkoneksikan  smartphone ke speaker mobil kita, dan bisa kita gunakan pada saat mendengarkan music lewat smartphone atau mengeraskan suara penunjuk jalan atau GPS.



Fungsi aux sendiri bisa dikatakan penting karena jika kita tidak mempunyai port ini maka kita hanya bisa mendengarkan radio atau medengarkan kaset pita saja. Dimana kaset pita hanya mampu menampung sedikit lagu, lagipula pada jaman sekarang kaset seperti ini sudah jarang sekali diproduksi akibat kalah dengan adanya media penyimpanan file baru seperti flasdisk atau memory card.


Cara menambah aux pada tape mobil jadul sebenarnya terdapat beberapa cara dan masing masing cara tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing. Berikut merupakan beberapa cara menambah aux pada mobil jadul.


1. cassette adapter

Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang paling praktis dibanding cara cara yang lain. Bagaimana cara menggunakan cassette adapter? Yang pertama kali dilakukan yaitu membelinya di toko online atau toko elektronik terdekat. Cassette adapter ini bentuknya seperti kaset pada umumnya hanya saja cassette adapter ini memiliki kabel dan jack 3,5mm untuk disambungkakn ke smartphone dll. Cara memakainya cukup mudah tinggal masukkan ke slot kaset dan sambungkan jack ke smartphone dan putar suara di smartphone maka otomatis suara akan terdengar di speaker mobil.

Akan tetapi di balik kemudahan dan kepraktisan cassette adapter ternyata benda ini juga mempunyai kekurangan diantaranya

-         - Suara yang dihasilkan tidak stereo. Pada kekurangan yang satu ini berlaku untuk cassette adapter          murahan. Jika cassette adapter yang bagus dan stereo maka bisa jadi hasilnya akan lebih bagus.
-        - Terdapat beberapa tape mobil yang tidak cocok. Pada tape tertentu kejadiannya ialah pada saat kita       memasukkan cassete adapter , bisa memutar lagu sebentar lalu malah keluar dengan sendirinya.            Dan hal ini bisa membuat kita jengkel hehehe.
-         -Untuk cassette adapter murah, Suara yang dihasilkan kurang jernih.


2. FM modulator

Fm modulator akan berfungsi seperti halnya pemancar radio dan kita dengarkan sendiri pada radio tape mobil kita. Caranya cukup mudah yaitu tinggal menancapkan FM modulator ini ke port 12V atau cigarette lighter. Kemudian setting frekuensi radio yang akan digunakan, kemudian seting frekuensi pada radio tape agar sama dengan frekuensi yang dipancarkan oleh FM modulator. Misalnya FM modulator disetting pada frekuensi 88.0 mhz maka radio tape kita harus kita putar pada 88.0 mhz. untuk tips yang bisa dilakukan yaitu cari frekuensi yang tidak terpakai oleh pemancar pemancar radio di sekitar tempat tinggal kita agar nantinya frekuensinya tidak saling interferensi dan hasilnya tidak bagus. 

Akan tetapi alat ini juga mempunyai kekurangan diantaranya

-         - Cara menggunakannya terbilang cukup repot karena harus seting seting terlebih dahulu
-         - Memerlukan daya 12v
-         - Jika frekuensi yang dihasilkan kurang kuat maka akan terinterferensi  frekuensi luar.


3. membuat input aux

Nah cara yang satu ini memerlukan kesabaran dan ketelitian.  Caranya cukup mudah yaitu pertama kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan yang diperlukan : solder, timah, kabel audio, jack 3,5, obeng plus.

Cara membuat aux tambahan pada tape mobilnya adalah sebagai berikut:

pertama, ambil tape mobil yang terpasang di dashboard, biasanya hanya tinggal mencongkel sedikit kemudian menariknya dengan hati hati. Atau lepas sekrup pengucinya terlebih dahulu jika ada.
            Jangan lupa lepas socket socket yang terdapat di belakang tape.

kemudian bongkar tape dengan cara melepas satu persatu sekrupnya.  Dan sisakan bagian PCB dan mekanik kasetnya, kemudian lepas socket head pada mekanik dengan hati hati
,                lalu kendurkan sekrup pengunci mekanik kaset dan angkat mekanik kaset hingga terpisah                     dengan PCB utama.
setelah semua terlepas maka amati jalur PCB di dekat socket head yang tadi kita lepas. Kalau di tape saya jalurnya terdapat tulisan pro R dan pro L

.           kemudian solderlah jalur tersebut dengan kabel audio yang telah kita siapkan tadi untuk nantinya kita sambung ke jack 3.5 mm. Kira kira seperti ini.

setelah disolder maka rakitlah semua komponen yang tadi kita lepas.

untuk socket head jangan dipasang karena jika kita pasang nanti yang terdengar bukan suara dari input aux melainkan akan bersuara sesuai kaset yang kita putar. Untuk tipsnya balik socket head ini
dan tancapkan ke PCB utama, maka otomatis bagian head dengan PCB utama tidak terhubung dan socket tidak bergerak gerak dan akan menimbulkan bunyi bunyi.

tutup cover tape dan kencangkan menggunakan obeng plus

sambungkan kabel audio yang kita solder tadi ke jack 3.5mm
dan selesai

cara menggunakannya cukup mudah dan praktis yaitu tinggal masukkan kaset untuk memindah mode FM ke mode TAPE. Kemudian sambung jack 3.5mm ke smartphone

di setiap cara diatas tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing. Dan berikut 

kelebihan dan kekurangan cara ke 3:

kelebihan:
-         - Suara yang dihasilkan stereo dan jernih
-         -  Sangat mudah digunakan karena tidak perlu repot repot menyeting
-         -Biayanya sangat murah

Kekurangan:
-         -Fungsi pemutar kaset  menjadi hilang karena socket head tidak terpasang
-         - Membuatnya cukup rumit.



Nah demikian beberapa tips cara menambah aux pada tape mobil jadul yang bisa saya share. Jika ada pertanyaan atau komentar silahkan tulis di bawah ya. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

16 comments:
Write komentar
  1. Klo jalur dolby nya disambungkan kemana ya?

    ReplyDelete
  2. Mas itu yg jalur dolby r/L nya dapat apa, mohon pencerahan nya, teimakadih

    ReplyDelete
  3. Mas itu yg kabel dapat dolby R/L- nya disambungkan kemana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas kabel dolby nya nyambung kemana terimakasih

      Delete
    2. itu cuma buat jaga jaga aja gan hehe. nggak disambung ke mana mana

      Delete
  4. Klo sy tape nya rusak mas, klo kaset pitanya di masukin hidup sebentar kemudian kasetnya keluar sendiri dan mati, klo tombol powernya di pencet g' mau hidup, tolong pencerahannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan dulu mekanikal pada pemutar kaset normal. tidak macet
      semoga membantu

      Delete
  5. Untuk kabel ground dari aux disambung ke mana ya mas..?

    ReplyDelete
  6. Bang mau tanya kalo tidak perlu menggunakan kaset gimana?

    ReplyDelete
  7. Kurang jelas bg, jdi banyak pertanyaan yg ingin diketahui

    ReplyDelete
  8. Hp ane speakernya eror ngikutin tutor di atas

    ReplyDelete
  9. tape saya gak ada mode auxnya utk soket nya sudah ada. apa tetep hrs pkae cara2 yg diatas

    ReplyDelete
  10. Gan klo kaset dimasukin kluar lagi gimana ya setelah ngikutin tutor diatas

    ReplyDelete
  11. Punya sya kenwood kok tidak ada pro R/L nya gmna...solusinya boss

    ReplyDelete
  12. Siang GAn, bisa servis tape blaupunk 520 model CD mobil chevrolet zafira, masalahnya tiba-tiba mati total

    saya mau nambah AUX juga

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter