Monday, 30 October 2017

Cara Menambah Lampu Kolong atau Lampu Lantai pada mobil

Posted by   on

selamat datang para blogger mania bertemu kembali pada postingan saya kali ini yang berjudul cara menambah lampu kolong atau lampu lantai dengan mudah. caranya cukup mudah dan orang awam pun sebenarnya bisa.
lampu kolong ini berfungsi sebagai penerangan di lantai mobil anda supaya ketika gelap kita mudah mengenali benda apa yang terjatuh di kolong dan lain lain. fungsi kedua dari lampu kolong atau lampu lantai ini yaitu sebagai estetika agar mobil terlihat keren, karena lampu kolong bisa dipilih bermacam macam warna tergantung selera kita.

oke langsung saja untuk langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

 menyiapkan alat dan bahan seperti mobil yang akan kita beri lampu kolong dashboard, kabel, fuse 7,5 A, lampu DRL atau lampu led batangan, solder, timah lem dan isolasi.

langkah langkahnya sebagai berikut:

1. buka pintu depan boleh kanan atau kiri semuanya bisa, kemudian cari switch pintu yang terdapat di pilar bawah. Ciri ciri switchnya yaitu bisa ditekan tekan menggunakan jari dan ketika ditekan lampu indicator pintu terbuka di dashboard mati. Setelah kita menemukan switch pintunya buka plastik di belakang switch pintu kemudian cari socket 1 kabel yang berada di balik switch pintu. Setelah itu sambungkan kabel pada socket tersebut dengan kencang.

2. siapkan solder untuk merakit lampu DRL atau led batangan dengan kabel dan rakit seperti ini

Jika hanya punya satu lampu DRL maka jangan khawatir karena saya akan memberi sedikit tips bagaimana cara membagi satu lampu DRL menjadi 2  lampu DRL.
Pertama potong bagian tengah dari lampu DRL sehingga menjadi 2 bagian menggunakan gergaji besi. Kemudian keriklah menggunakan benda tajam pada ujung bekas potongan tadi hingga Nampak jalur jalur tembaganya. Setelah itu cari menggunakan multimeter  jalur yang terpisah antara  led jalur positif dengan jalur led negatif, jika sudah maka hubungkan 2 jalur tersebut menggunakan timah dengan cara disolder. Semoga paham ya teman teman dengan kata kata itu hehe.

Ingat ya teman teman karena kita membagi 2 DRL maka setelah dibagi tegangan kerjanya menjadi 6v. dan nantinya kita merakitnya harus diseri karena tegangan pada mobil menggunakan 12 v.

 Jika teman teman sudah memiliki lampu DRL 2 buah maka abaikan saja tips di atas hehe.

3. setelah diberi kabel maka pasang lampu di kolong dashboard menggunakan double tape bawaan atau bisa juga dengan cara dilem dengan kuat. Kemudian sambung kabel negatif lampu ke kabel yang kita sambung di switch pintu pada langkah pertama tadi. Untuk keindahan maka usahakan kabel disembunyikan di tempat yang aman dan tentunya tidak terlihat.  Oya teman teman jangan lupa menggunakan kabel yang berkualitas ya agar aman.

4. sambungkan kabel positif lampu DRL ke fuse kemudian dari fuse disambung ke batrey. Ada juga yang menyambungkan ke socket cigartte lighter. Sebenarnya bebas teman teman asalkan sambungannya rapi  dan aman. Dan syarat lainnya yaitu di sambungkan ke kabel yangng terdapat arus B+ atau arus positif  standby.


Dan selasai kita coba buka tutup pintu untuk mengecek apakah lampu kolong berfungsi dengan baik. normalnya lampu menyala pada saat salah satu pintu terbuka, dan mati ketika semua pintu tertutup rapat.

nah demikian postingan saya kali ini yang berjudul cara menambah lampu kolong atau lampu lantai pada mobil. semoga bermanfaat dan jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar. salam sukses..


2 comments:
Write komentar
  1. Nice article that you have shared here about the floor lamp. Your article is very informative and useful to know more about the process of adding floor lamp in cars. If anyone looking for the Visicom Led Lighting Suppliers, Visit Gunawan Elektrindo

    ReplyDelete
  2. Artikel anda sangat informatif dan tentunya sangat berguna untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses penambahan lampu kolong atau lampu lantai di mobil. Bagi anda yang masih belum tahu tentang pengertian lampu DRL mobil dan fungsinya, simak pembahasan dengan mengklik link tersebut. Semoga infonya juga bermanfaat.

    ReplyDelete

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter